TNI & Polri

Polda Sulut Gelar Bakti Sosial Serentak Hari Bhayangkara ke-77, Sasar Warga Kurang Mampu

288
×

Polda Sulut Gelar Bakti Sosial Serentak Hari Bhayangkara ke-77, Sasar Warga Kurang Mampu

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, MANADO – Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar bakti sosial serentak Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 dengan sasaran warga masyarakat kurang mampu, pada Senin (19/6) pagi.

Kegiatan dalam rangkaian Bulan Bakti Polri Presisi ini dipusatkan di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri Jakarta, yang diikuti seluruh Polda jajaran secara serentak melalui video conference.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Diawali dengan penyerahan dan pemberangkatan penyaluran bantuan sosial oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Sebelum penyerahan dan pemberangkatan, Kapolri juga berdialog dengan beberapa Kapolda jajaran serta para penerima bantuan.

Sementara itu usai mengikuti video conference, Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para perwakilan penerima. Dilanjutkan dengan melepas pemberangkatan penyaluran bantuan sosial, di depan lobi utama Mapolda Sulut.

BACA JUGA :  Polda Banten Buka Pelatihan Manajemen Media Jurnalisme Kepolisian

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Henny Setyobudi turut menyerahkan bantuan sosial dalam rangka menyambut Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-71 tahun 2023.

“Hari ini kita laksanakan bakti sosial. Rangkaian kegiatannya sebetulnya sudah ada beberapa waktu yang lalu. Ada khitanan massal, donor darah, bakti kesehatan dan sekarang adalah bakti sosial,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto, usai melepas penyaluran bantuan yang dihadiri para Pejabat Utama Polda Sulut, Bhayangkari, pimpinan ormas serta penerima bantuan.

Dijelaskannya, total bantuan sosial dari Polda Sulut dan Polres/ta jajaran yang diberikan kepada warga masyarakat sebanyak 7.450 paket.

“Bakti sosial ini tidak hanya memberikan bingkisan saja. Tapi ada juga kegiatan membersihkan tempat-tempat ibadah, jumlahnya kurang lebih ada 140 terdiri dari gereja, masjid, pura, klenteng, dan vihara yang dilakukan oleh sekitar 1.500 anggota,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

BACA JUGA :  Laksanakan Gotong Royong, Babinsa 11 Ilir Bersama Warga Bersihkan Lingkungan di Wilayah Binaan

Lanjutnya menerangkan, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Polri dalam hal ini Polda Sulut dan jajaran kepada warga masyarakat.

“Kita ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa menjelang Hari Bhayangkara ke-77 ini tidak hanya sekadar pelaksanaan tugas saja. Tapi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat kita mencoba memberikan, meskipun secara terbatas. Sekali lagi kami minta maaf bahwa tidak mungkin semuanya bisa ter-cover. Tetapi ini menunjukkan kepedulian,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Di samping itu, tambahnya, Polda Sulut dan jajaran dalam rangkaian Bulan Bakti Polri Presisi ini juga melakukan program bedah rumah.

“Bedah rumah itu Polda Sulut ada empat, kemudian Polres-polres pun juga melakukan hal yang sama. Termasuk pembuatan sumur bor di wilayah Mapanget,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

BACA JUGA :  Bhabinkamtibmas Desa Seraya Sosialisasi Pencegahan PMK

Pada kesempatan ini pula, Irjen Pol Setyo Budiyanto mengajak warga masyarakat agar turut menjaga situasi keamanan dan ketertiban.

“Masalah kamtibmas itu memang tugas pokoknya ada di Polri. Tapi sekali lagi, kamtibmas juga tidak akan bisa terwujud dengan baik kalau tidak ada partisipasi dan peran serta dari seluruh komponen masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, kontribusi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban bisa dilakukan melalui berbagai cara.

“Tentu masyarakat juga harus memberikan kontribusi untuk menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing. Kemudian kalau ada perkara atau ada informasi tentang situasi yang tidak kondusif, bisa melaporkan kepada pihak kepolisian setempat. Itu adalah bentuk kontribusi yang bisa diberikan masyarakat kepada Polri,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

(**Jefry Kandouw)