by

Rakor Pemantapan Pelaksanaan Pelantikan Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020

NASIONALXPOS.CO.ID, MUSI RAWAS – Asisten II Bidang Perekonomian & Pembangunan M. Aidil Rusman ikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantapan Pelaksanaan Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 Bersama Kementrian Dalama Negri (Kemendagri) RI Via Zoom Meeting, Kamis (25/02/2021) di Replika Rumah Adat Kantor Bupati Musi Rawas.

Turut hadir, Wakapolres Musi Rawas, Pengadilan Negeri, Kasat Polpp dan Damkar, Kabag Hukum, Kominfo, Kesbangpol, Tapem.

Dalam sambutan sekaligus pengarahan Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (OTDA) Kemendagri Drs. Akmal Malik, M.Si, pelantikan dengan pendekatan luring (luar jaringan) dengan protokol kesehatan yang ketat boleh dilakukan. Mengingat tidak semua daerah dapat melakukan secara daring, dikarenakan kondisi jaringan dan kondisi geografis yang belum memadai. Namun dirinya menegaskan, apabila pelantikan dilakukan melalui pendekatan luar jaringan (luring), maka tidak boleh lebih dari 25 orang yang berada dalam satu ruangan.

“Saat pelantikan, tidak boleh lebih dari 25 orang yang berada dalam satu ruangan. Hal ini dilakukan, agar kondisi pelantikan tetap terjaga meski euforia sedang tinggi terhadap pelantikan. Karena kesehatan merupakan prioritas,” tegas Akmal.

Namun, apabila terdapat provinsi dengan pelantikan kepala daerah yang cukup banyak dan melebihi kapasitas 25 orang, Ia mengingatkan agar dapat dilakukan secara bertahap agar protokol kesehatan tetap terjaga.

Rencana pelantikan kepala daerah terpilih yang dilaksanakan di 32 Provinsi se-Indonesia, akan dilakukan kedalam tiga tahap, yaitu pada Bulan Februari, April, dan Juli 2021.

 

ALFIRMANSYAH RN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed