Peristiwa

Terkuak Dugaan Kecurangan Pemilu di Bumi Ki Ronggo

5214
×

Terkuak Dugaan Kecurangan Pemilu di Bumi Ki Ronggo

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, BONDOWOSO – Pelaksanaan pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang digelar serentak oleh Negara Republik Indonesia di Bumi Ki Ronggo pada Rabu (14/02) lalu, diwarnai dugaan kecurangan dan pelanggaran undang-undang.

Dugaan kecurangan dan pelanggaran pidana yang dilakukan oleh oknum pemilih saat mendapat surat suara yang diberikan panitia penyelenggara, itu terjadi di dusun Krajan, desa Gayam, kecamatan Botolinggo, Bondowoso, Jawa Timur, tepatnya di TPS 01 dan TPS 03.

BACA JUGA :  Bagi Bagi Emas Untuk Dulang Suara Saat Pileg di Dapil VIII DPR RI

Peristiwa yang ditengarai membuat desa Gayam menjadi tidak kondusif ini mulai terkuak, ketika sejumlah orang mengetahui Junaidi kepergok dan diduga mencoblos di TPS (Tempat Pemungutan Suara) di lokasi yang berbeda-beda.

“Ada warga atas nama Junaidi melakukan pencoblosan dua kali, yang bersangkutan sudah mengakui dan minta maaf ke pelaksana kegiatan. Laporan Panwas TPS kepada PKD, melaporkan bahwa Junaidi ini melakukan pencoblosan dua kali, dari TPS 03 ke TPS 01,” terang AD, inisial tokoh masyarakat yang tidak ingin dipublikasikan namanya.

Tidak hanya itu, AD bahkan menyebut selain Junaidi, ada sosok lain yang ditengarai berperan serta untuk menguntungkan calon dewan tertentu dalam dugaan kecurangan hasil Pemilu.

“Pengakuan Junaidi, ia bertindak seorang diri dan tidak disuruh oleh siapapun. Namun waktu di forum musyawarah, beliau menyampaikan bahwa surat undangan (Pencoblosan) itu didapatkannya dari Mustopa,” ungkap AD, ketika dikonfirmasi Rabu, (21/02/2024).