Daerah

Tingkatkan Peran Digitalisasi, Bank Indonesia Bali Dorong UMKM Perluas Akses Pasar Global

497
×

Tingkatkan Peran Digitalisasi, Bank Indonesia Bali Dorong UMKM Perluas Akses Pasar Global

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, DENPASAR —Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menyelenggarakan Onboarding UMKM dengan tema “Akselerasi UMKM Bali: Go Digital Go Global” pada Rabu, 21 Februari 2024. Acara ini dihadiri oleh Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Siti Azizah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, dan Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, I Wayan Jarta.

BACA JUGA :  Polres Baubau Keluarkan Surat Rekomendasi Kegiatan Masyarakat

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid di Graha Tirta Gangga Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali melalui platform Zoom dengan total peserta mencapai 150 UMKM dari Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

BACA JUGA :  Wakil Bupati Way Kanan Launching Produk UMKM

Penyelenggaraan Onboarding UMKM ini merupakan salah satu upaya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali untuk meningkatkan kapasitas UMKM, khususnya pemanfaatan platform digital untuk memperluas akses pasar nasional maupun global.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Siti Azizah, menyoroti potensi besar yang belum dioptimalkan guna mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah selain Bali bagian Selatan. Pelaku UMKM memiliki peluang besar untuk terus berkembang, namun perlu adanya adopsi digitalisasi terutama untuk menghadapi tantangan, khususnya dalam konteks globalisasi.

BACA JUGA :  Dandim 0510/Trs Wujudkan Impian Ibu Heni Lansia Untuk Rehab Rumah dan Memiliki UMKM

Lebih lanjut, Siti Azizah juga menggarisbawahi peran krusial generasi muda yang adaptif, kreatif, dan inovatif dapat menjadi motor penggerak perekonomian.