Nasional

Andi Lala Menjadi Pembawa Materi di Acara Jurnalistik Kampus UMT

1142
×

Andi Lala Menjadi Pembawa Materi di Acara Jurnalistik Kampus UMT

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, KOTA TANGERANG – Jurnalistik adalah karya yang dihasilkan oleh seorang wartawan.
Demikian dikatakan Ketua Forum Wartawan Tangerang, (FORWAT), Andi Lala, saat menjadi pemateri kegIatan “Pelatihan Kaderisasi Jurnalistik Kampus” yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Kampus Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Jumat, (10/11/2023).

Menurut pria yang kerap disapa Lala, bahwa pengertian Jurnalistik adalah suatu kegiatan yang dilakukan seorang wartawan untuk mengumpulkan informasi dan melaporkan sebuah peristiwa, opini dan hasil investigasi menjadi sebuah berita (peliputan.red). Setelah melalui proses editing kemudian disebarluaskan (Publishing). Baik itu di media massa, elektronik maupun media online.

Advertisement

“Jurnalistik itu produknya, pelakunya adalah wartawan yang mengumpulkan dan mengolah informasi menjadi sebuah berita. Ya, itu lah tugas wartawan,” katanya.

Di dalam menghasilkan produk jurnalistik, jelas Lala, sangat dibutuhkan skill dan teknik dalam menggali informasi dari narasumber. Hal itu dianggap penting untuk menentukan sudut pandang (angle). Sehingga berita yang dihasilkan akan lebih menarik untuk dibaca .

“Tentu harus sesuai fakta di lapangan. Sudut pandang adalah kemampuan wartawan dalam menggali infomasi dan menentukan pilihan agar berita yang akan dipubilkasikan lebih menarik pembaca” jelas Lala.

Foto: Ist

Ketua Pelaksana Jurnalistik Kampus
UKM UMT, Tiara Ayu Dijaya mengatakan kalau kegiatan itu akan gelar selama 3 hari yaitu mulai tanggal 10 hingga 12 November 2023. Berlokasi di Kampus UMT, Kota Tangerang dan di Bogor sebelum berganti nama, kegiatan jurnalistik itu diwadahi Pers Kampus.

“Sebelumnya namanya pers kampus, sekarang jurnal kampus,” katanya.

Sementara, puluhan mahasiswa UMT yang mengikuti kegiatan itu terlihat sangat antusias dan diakhir acara ditutup dengan foto bersama. (AciL)

BACA JUGA :  Bhabinkamtibmas Urai Arus Lalu Lintas di Depan Objek Wisata Hutan Pinus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *