Scroll Untuk Baca Berita
Pendidikan

Andi Lala Beri Pengetahuan Hukum Kepada Guru SDN 5 Cipete

356
×

Andi Lala Beri Pengetahuan Hukum Kepada Guru SDN 5 Cipete

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, KOTA TANGERANG – Ada yang berbeda dilaksanakan SD Negeri Cipete 5 Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, para guru diberikan pengetahuan tentang hukum dalam kegiatan Seminar Sehari dengan tema Meningkatkan Tendik dan Tekendik Sekolah yang Sadar Hukum, Jumat (15/12/2023) pagi.

Kepala SD Negeri Cipete 5, Yulia Wardani mengatakan bahwa kegiatan itu sengaja digelar guna memberikan pemahaman hukum kepada tenaga pendidik (Tendik) dan tenaga kependidikan (Tekendik) di lingkup sekolah. Materi hukum yang diuraikan oleh narasumber itu diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan informasi sehingga para Tendik dan Tekendik sadar tentang hukum.

BACA JUGA :  FWBI Apresiasi Polda Sumut Berhasil Ungkap Pembunuhan Guru di Toba

Selain melibatkan Praktisi Hukum Andi Lala, kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala Korwil Kecamatan Pinang, Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Bapak Yusuf dan Pengawas Ibu Anis.

“Kami gelar kegiatan seminar ini agar Tendik dan Tekendik SDN Cipete 5 memahami hukum sehingga terwujudnya Tendik dan Tekendik yang sadar hukum dalam lingkup pendidikan,” jelas Yulia usai kegiatan.

Sementara Pemateri dari Praktisi Hukum yang juga Ketua Forum Wartawan Tangerang (Forwat), Andi Lala mengapresiasi terlaksananya kegiatan seminar tersebut. Menurut dia perlunya kesadaran hukum di lingkup sekolah, utamanya memberi pemahaman hukum kepada guru agar saat melaksanakan proses mengajar di sekolah tidak melanggar hukum. Pasalnya banyak kasus hukum di Indonesia yang menjerat guru karena mendisplinkan siswa dengan cara menghukum dengan kekerasan fisik.

BACA JUGA :  LP3M Universitas Udayana Gelar Workshop PEKERTI 2023

Selain kasus kekerasan fisik, proses hukum juga menjerat guru karena tidak tepatnya penggelolaan angaran sekolah dan kurang bijaknya pengunaan media sosial.

BACA JUGA :  Guru SMP 3 Waru Tewas Tertabrak KA Didepan Sekolahnya

“Banyak kasus hukum yang menjerat guru. Pemberian hukuman dari guru kepada murid dengan kekerasan fisik
berujung di laporkan orang tua siswa. Dengan seminar ini saya harap para guru bisa menambah pengetahuan sehingga sadar akan hukum,” pungkas Lala yang tergabung di Lembaga Advokat Persadin.(AciL)