Scroll Untuk Baca Berita
Advetorial

DLH Kota Tangerang Tingkatkan Pendapatan Daerah Melalui Aplikasi SIRITASE

184
×

DLH Kota Tangerang Tingkatkan Pendapatan Daerah Melalui Aplikasi SIRITASE

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH ) Kota Tangerang berupaya meningkatkan potensi pendapatan daerah Retribusi Pelayanan Sampah, melalui Aplikasi Sistem Informasi Retribusi Sampah Secara Elektronik (SIRITASE).

Kepala DLH Kota Tangerang Tihar Sopian mengatakan, Aplikasi SIRITASE akan memudahkan petugas dalam pemungutan retribusi sampah.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

“Aplikasi SIRITASE adalah Sistem informasi pengawasan retribusi sampah DLH Kota Tangerang secara terpadu. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah penanggung jawab usaha ataupun kegiatan dalam melaksanakan pelaporan dokumen lingkungan tentang retribusi sampah,” kata Tihar Sopian (11/12/2023).

Lanjut Tihar Sopian menyampaikan, Aplikasi SIRITASE difungsikan oleh petugas pemungut retribusi untuk permintaan SKRD dan Karcis. Dalam penerapan sistem informasi pemungutan retribusi sampah secara elektronik memberikan sejumlah manfaat, antara lain: SIRITASE dapat membantu mengatasi sebagian besar permasalahan ini dengan menyederhanakan proses, meningkatkan akurasi, dan memperbaiki transparansi.

Masih menurutnya, disamping itu, Efisiensi Operasional: Automatisasi proses pemungutan retribusi mengurangi keterlibatan manual, mempercepat pengolahan data, dan mengurangi risiko kesalahan.

“Jadi, Akurasi dan Konsistensi: Sistem elektronik dapat menghitung retribusi dengan tepat dan konsisten, mengurangi peluang kesalahan perhitungan yang mungkin terjadi dalam sistem manual,” jelas Tihar.

Selain itu, Transparansinya memberikan visibilitas yang lebih besar kepada warga dan pihak terkait. Pemungutan retribusi, meningkatkan transparansi dalam penggunaan dana yang diterima.

SIRITASE berdampak pada peningkatan pendapatan daerah, dengan mengoptimalkan proses pemungutan, sistem elektronik dapat membantu meningkatkan pendapatan daerah, dari sektor pengelolaan sampah dan juga menambah elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) Kota Tangerang.

“Dengan pengelolaan Data yang Efisien, dapat menyimpan data secara elektronik, sehingga memudahkan pengelolaan dan analisis data untuk keperluan perencanaan dan evaluasi. Pada sistem ini juga tercatat pendapatan perbulan dan pertahun retribusi sampah,” papar Tihar.

Lebih lanjut, Tihar mengungkapkan Aplikasi SIRITASE ada Peningkatan Keamanan, Sistem elektronik dapat dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat untuk melindungi data dan mencegah potensi kebocoran atau manipulasi. Penandatangan SKRD secara digital yang sudah terdaftar di bsre.

Di sisi lain, Aplikasi SIRITASE memberikan Kemudahan Pembayaran, yaitu memudahkan warga dalam pembayaran retribusi sampah, dengan penyediaan berbagai opsi pembayaran elektronik. Pembayaran melalui Transfer Bank, QRIS, Virtual Account (VA) yang sudah berintegrasi dengan sistem BJB.

“Secara keseluruhan, penggunaan sistem informasi pemungutan retribusi sampah secara elektronik dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akurasi dalam manajemen pengelolaan sampah daerah, “jelasnya. (ADV)

BACA JUGA :  Bupati Tebo Dampingi Kunker Gubernur Jambi