Daerah

Gerak Cepat, Dinas PUPR Gunakan BTT Perbaiki Jalan Amblas Akibat Longsor

536
×

Gerak Cepat, Dinas PUPR Gunakan BTT Perbaiki Jalan Amblas Akibat Longsor

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, SUMBAR -Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) segera perbaiki ruas jalan Lakuak Landia dan Lakuak Uba Nagari Kudu Gantiang dan Nagari Gunuang Padang Alai Kecamatan V Koto Timur yang amblas akibat longsor kemarin sabtu dini hari.

Kepala Dinas PUPR El Abdes Marsyam mengatakan, hal ini dilakukan dengan segera agar aktivitas perekonomian warga tetap lancar. Sesuai arahan Bupati katanya, telah disepakati oleh pimpinan untuk menggunakan dana tanggap darurat atau Belanja Tak Terduga (BTT).

Advertisement

“Sekarang dalam penyelesaian lahan masyarakat yang terdampak untuk penanganannya dan memulai pengerjaan,” ungkap Abdes saat meninjau lokasi jalan yang amblas tersebut bersama jajaran beberapa jam setelah kejadian, kemarin Sabtu (11/03/23).

El Abdes menambahkan, dia berkeyakinan bahwa perbaikan jalan tersebut bisa dimulai pelaksanaannya secepat mungkin dengan menggunakan dana tanggap darurat tersebut. Akan tetapi katanya, BTT itu tidak bisa digunakan untuk pembebasan lahan termasuk penggantian tanaman yang ada di atasnya.

“Perlu juga diketahui, BTT tidak boleh untuk ganti rugi, makanya kami harapkan juga peran serta dan kerja sama masyarakat terutama pemilik lahan yang terdampak,” katanya berharap.

Kemudian berdasarkan pantauannya, dia menjelaskan, amblasnya ruas jalan Lakuak Landia ini disamping karena curah hujan yang tinggi juga dipicu kondisi tanah yang labil. Terlebih katanya, badan jalan itu berada di lereng bukit, karena tebingnya mengalami longsor sehingga beberapa meter badan jalan juga ikut amblas ke dalam jurang.

Maka dari itu terangnya, penanganannya akan berbeda, ruas jalan yang akan dibangun lebarnya berbeda dengan kondisi awalnya. Untuk itulah dia berharap kepada masyarakat untuk bersabar.

“Disamping itu, selama pengerjaan perbaikan akan dibangun jalur alternatif agar masyarakat tetap bisa menempuh jalur tersebut untuk beraktivitas menuju Kota Pariaman atau ke Pusat Ibukota Kabupaten di Parit Malintang,” jelas Abdes menambahkan.

Pada kesempatan itu, Kadis PUPR ini juga menyampaikan himbauan Bupati Padang Pariaman untuk tetap hati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana. Mengingat cuaca yang kadang sulit untuk ketahui dan kadang datangnya secara tiba-tiba.

“Pesan Pak Bupati masyarakat harus tetap waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tutup Abdes menyampaikan pesan Bupati Suhatri Bur yang saat ini masih menjalani Ibadah Umrah di Tanah Suci Mekah.

Ikut melakukan peninjauan bersama Kadis PUPR, Ketua DPRD Padang Pariaman Arwinsyah, Camat V Koto Timur Syukur, dan Wali Nagari di wilayah kecamatan setempat.

Berikut beberapa alternatif jalur yang bisa ditempuh dari atau menuju Padang Alai dan wilayah sekatarnya. Pertama; Simpang Kayu Angik dan Simpang Gunuang manuju Barangan, kedua Gunuang Tigo manuju Padang Sago, dan Hulubanda manuju Malalak. Jalur Padang Alai – Kudu dan Padang Alai – Singgiang.

Berikutnya dapat menempuh jalur Barangan – Bungin – Batang Piaman – Gunuang – Padang Alai atau ke Gunuang Tigo – Padang Sago – Ampalu – Kota Pariaman.

Ada jalur yang singkat lewat melalui Pasa Kudu – Kampung Balai-Balai – Bukik Kudo-Kudo – Batang Piaman – Gunuang – Pasar Padang Alai.(rd).

BACA JUGA :  Pemuda Kristen DIY Dukung Ariyanto Jogkem Sebagai Balon Wawako, Minta Hak-hak Minoritas Tetap Diperhatikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *