Daerah

Inovasi Klinik MCU RSUD Kota Tangerang, dari Layanan Cepat hingga Promo

952
×

Inovasi Klinik MCU RSUD Kota Tangerang, dari Layanan Cepat hingga Promo

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, KOTA TANGERANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik pemerintah Kota Tangerang terus lakukan inovasi pelayanan Klinik Medical Chek Up, dari pelayanan One Step Service yang memudahkan pasien dan memberikan pelayanan cepat (fast tracking) serta promosi untuk pemeriksaan kesehatan jiwa atau mental.

Dengan keunggulan Klinik MCU yang memiliki dokter dengan SK Kementerian Kesehatan, dimana tiap rumah sakit tidak memilikinya. Selain keunggulan ini Klinik MCU juga menyiapkan pelayanan One Step Service, dimana Koordinator instansi atau perusahaan bisa memudahkan pegawai atau pasien dengan cepat melakukan pemeriksaan di Klinik MCU RSUD Kota Tangerang.

Advertisement

“Kita berikan fast tracking dimana Koordinator antar perusahaan atau instansi dengan Koordinator di RSUD Kita melakukan koordinasi, sehingga ketika pasien datang dia sudah kita urus mulai dari pendaftarannya kemudian pemeriksaan lainnya bahkan sampai pembiayaannya Kita koordinir jadi pasien itu tidak perlu lagi repot mengurus yang bukan faskesnya,” terang Eka Gusmanti selaku tim bisnis development RSUD.

Pelayanan Klinik MCU pun dapat direservasi melalui no pesan whats app 08111012545 atau bisa datang langsung dan buka dari hari Senin hingga Sabtu sejak pukul 08:00 sampai pukul 14:00, yang umumnya melayani Pembuatan Surat Keterangan Sehat Jasmani, Pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba,Pembuatan Surat Keterangan Sehat Rohani, Pemeriksaan Buta Warna,Pemeriksaan kesehatan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pemeriksaan kesehatan untuk Calon Anggota Legislatif.

Foto: Ist

Pemeriksaan MCU karyawan dari Perusahaan atau instansi, RSUD Kota Tangerang memiliki layanan Poliklinik Okupasi, dimana pemeriksaan ini akan dilakukan Oleh dr. Sri Roslina. Menurut Eka Gusmanti Poliklinik Okupasi ini ditujukan untuk perusahaan atau pekerja yang Uji Kelaikan Kerja.

“Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi memeriksa, menganalisis dan menyimpulkan kondisi kesehatan peserta MCU yang temuannya dihubungkan dengan pekerjaan yang akan, sedang atau telah dilakukan oleh peserta MCU. Oleh karena itu, kondisi kesehatan peserta MCU menjadi fokus perhatian pemeriksaan kesehatan, dan memberikan informasi yang memadai mengenai hubungan timbal balik antara kondisi kesehatan tersebut dengan pekerjaan personel yang bersangkutan termasuk lingkungan kerjanya.” papar Eka Gusmanti, Selasa, (25/10/2023).

Eka pun mengungkapkan Klinik MCU juga memberikan layanan umum selain pelayanan pemeriksaan surat keterangan guna kelengkapan administrasi pekerjaan untuk keperluan dinas maupun perusahaan.

“Kita punya banyak promo medical check up, paket cek kesehatan ginjal, cek kesehatan diabetes juga dalam bentuk kepedulian khusus pada kesehatan wanita, RSUD Kota Tangerang memiliki Paket Khusus Kesehatan Wanita, Seperti Paket CINTA (Paket USG Payudara dan Papsmear_) kemudian untuk laki laki juga ada Paket BUGAR (Paket USG untuk pemeriksaan prostat),” ungkap Eka Gusmanti.

“Dan biayanya juga sangat terjangkau sesuai dengan mottonya RSUD, Nyaman Terjangkau Terpercaya, dan hasil dan akurasinya juga oke karena kita sudah memiliki dokter spesialis okupasi dan dokter medical check up yang memiliki SK dari Kemenkes,” sambung Eka.

Dengan mengedepankan kenyamanan pelayanan pasien, dokter pelayanan umum MCU RSUD, dr. Pratiwi Indar Palupi mengatakan kelengkapan fasilitas yang tersedia di Klinik MCU RSUD Kota Tangerang dari radiologi, treadmill dan pemeriksaan laboratorium.

“Termasuk ada pemeriksaan untuk kerohanian. Karena memang saat ini sering dibutuhkan untuk pemeriksaan kesehatan rohani atau yang sering disebut dengan Surat Keterangan Kesehatan Kejiwaan (SKKJ).” Kata dr. Pratiwi.

Dokter Pratiwi pun menjelaskan MCU harus rutin dilakukan setidaknya satu tahun sekali guna mendeteksi dini resiko kesehatan yang tidak terduga bagi masyarakat, seperti stroke ataupun penyakit lainnya yang berawal dari rasa sakit yang kerap dianggap biasa oleh masyarakat namun sebenarnya beresiko tinggi.

“Satu untuk melihat resiko yang tidak terduga, kita bisa aja nih misalnya tidak ada keluhan tetapi saat dicek Profil Lipid atau pemeriksaan kolesterolnya engga taunya tinggi nah itu udah faktor resiko, nah saya harus mulai diet, mengurangi kolesterol kaya gitu, yang kedua untuk mencegah komplikasi,” terang dr. Pratiwi.

Sementara itu, menurut humas RSUD Kota Tangerang drg. Fika S. Khayan, para pegawai RSUD Kota Tangerang pun rutin dilakukan pemeriksaan medical check up, dan pelayanan klinik MCU RSUD Kota Tangerang merupakan salahsatu layanan yang tidak masuk dalam pelayanan jaminan BPJS Kesehatan.

“Setahun sekali seluruh pegawai RSUD melakukan medical check up, dan untuk biaya MCU sudah diatur dalam Perwal 16/2021,” terang Fika. (AciL)

BACA JUGA :  Maulan Aklil Serahkan Rumah Layak Huni, Warga Sambut Hangat

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *