Daerah

Jamaah Syattariah Padang Pariaman Hari ini Laksanakan Shalat Idul Fitri 1445 H

2397
×

Jamaah Syattariah Padang Pariaman Hari ini Laksanakan Shalat Idul Fitri 1445 H

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, PADANG PARIAMAN- Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman Sebagian besar yang tergabung dalam jamaah Syattariah hari ini melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 H/ 2024, Kamis pagi (11/4/24).

Jamaah syattariah Sumbar menentukan 1 syawal memakai hitungan bilangan takwim qamsiyah dan melihat hilal (bulan) dengan mata telanjang, sesuai tradisi turun menurun, sehingga Idul Fitri 1445 H jatuh pada Kamis (11/4/24) atau satu hari setelah waktu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Lukmanul Hakim Tk Kuning, Salah satu Guru dan Ulama di Parit Malintang mengatakan, setelah dilihat bulan pada hari selasa (9/4) sore, bulan tidak kelihatan, maka dicukupkan bilangan hari puasa Ramadan 30 hari.

“Sesuai dengan hitungan dan kesepakatan, maniliak atau melihat bulan dilaksanakan hari Selasa, karena cuaca tidak mendukung, hilal tidak kelihatan, maka 1 Syawal Jatuh pada hari Kamis,” Ujar Lukmanul Hakim.

Saat mulai pelaksanaan ibadah puasa juga dilaksanakan dengan cara melihat bulan, yakni 1 Ramadan 1445 H jatuh pada hari selasa, 12 Maret 2024.

Terpantau, Sekitar pukul 07.30 WIB, puluhan jamaah dari berbagai kalangan usia terlihat melaksanakan ibadah di surau masing-masing serta masjid Nagari.

Usai shalat, mereka takbiran, bersalam-salaman, dan bercengkrama satu sama lain.

Lukmanul Hakim yang juga imam dari Surau Istiqomah Parit Malintang mengatakan bahwa tahun ini jamaah telah menyelesaikan puasa Ramadan selama 30 hari.

BACA JUGA :  Ketua DPD Golkar Padang Pariaman Hadiri Pertandingan Turnamen Sepak Bola U-17