Daerah

Kakanwil Kemenkumham Bali Apresiasi Program Bimbingan Kerja WBP Rutan Gianyar

1521
×

Kakanwil Kemenkumham Bali Apresiasi Program Bimbingan Kerja WBP Rutan Gianyar

Sebarkan artikel ini
Foto: Humas Kemenkumham Bali

NASIONALXPOS.CO.ID, GIANYAR  – Guna meningkatkan kemandirian dan bekal keterampilan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Gianyar selenggarakan program pembinaan kerja budi daya lele. Program Bimbingan Kerja ini telah berhasil membiakkan induk lele dengan sukses, dengan menghasilkan ribuan anak lele yang siap untuk dijual dan dibudidayakan kembali. Minggu, (14/4/2024).

Antusiasme warga binaan dalam mengikuti program ini terlihat jelas. Mereka aktif dalam setiap tahapan budi daya lele, mulai dari menyiapkan kolam, menebar benih, hingga memanen. Alhasil, panen lele perdana di Rutan Gianyar menunjukkan hasil yang memuaskan. Ribuan ekor lele berhasil dipanen dan dijual kepada masyarakat sekitar.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Kepala Rutan Gianyar, Agung Hascahyo menjelaskan bahwa program bimbingan kerja ini merupakan bagian dari upaya Rutan Gianyar untuk membantu para WBP memperoleh keterampilan baru dan mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat. Para WBP diajari cara memelihara induk lele, mulai dari menyiapkan kolam, memilih indukan lele yang berkualitas sampai dengan membudidayakannya kembali.

“Kami sangat senang dengan hasil program ini, tim Bimbingan Kerja (Bimker) dan warga binaan telah menunjukkan semangat dan kerja keras yang luar biasa dalam mengikuti program ini. Hasilnya, mereka telah berhasil membiakkan induk lele dengan sukses dan menghasilkan ribuan anak lele yang siap untuk dijual dan dibudidayakan kembali,” ujar Agung.

Program bimbingan kerja ini merupakan contoh nyata bagaimana Rutan Gianyar berkomitmen untuk membantu para warga binaan menjalani kehidupan yang lebih baik. Dengan memberikan mereka keterampilan baru dan membantu mereka untuk menjadi mandiri, Rutan Gianyar berharap para WBP dapat kembali ke masyarakat sebagai individu yang produktif dan bermanfaat.

BACA JUGA :  Maraknya WNA Ganggu Ketertiban, Ini Pernyataan Sikap Kakanwil Kemenkumham Bali