DaerahPemerintahan

Sampaikan Pesan Kapolri, Wabup Rahmang Pimpin Apel Besar Satkamling dan Linmas se Padang Pariaman

867
×

Sampaikan Pesan Kapolri, Wabup Rahmang Pimpin Apel Besar Satkamling dan Linmas se Padang Pariaman

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, SUMATRA BARAT – Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang Pimpin Apel Besar Satuan Keamanan Lingkungan dan Perlindungan Masyarakat (Satkamling Linmas) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Padang Pariaman, apel besar yang dilaksanakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77 tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati Padang Pariaman di Kawasan IKK Parit Malintang, rabu (21/06/2023).

Apel Besar yang dikomandoi oleh Kapolsek 2 x 11 Kayu Tanam Iptu. Feri Yuzaldi, diikuti oleh peserta dari jajaran TNI/Polri, ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Wali Nagari dan Satkamling se Kabupaten Padang Pariaman. Tampak hadir di tenda VIP Plh Sekda Zahirman bersama unsur Forkopimda, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, dan Camat, serta Kepala BUMN/BUMD, dan lembaga vertikal lainnya di wilayah kerja Kabupaten Padang Pariaman.

Advertisement

Dalam pidatonya, Wakil Bupati Rahmang membacakan pesan Kapolri bahwa apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri mempercepat Revitalisasi Satkamling.

BACA JUGA :  Panglima bersama Kapolri Pimpin rapat evaluasi penanganan dan pengendalian Covid-19

Dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan optimalisasi peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Namun katanya, tentu berbagai dinamika tantangan akan dihadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

“Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia,” sebutnya.

Saat ini sampainya, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih dalam menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Kapolri berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing- masing, tidak boleh ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta dijaga bersama.

“Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama,” tambahnya.

Untuk itu lanjut Rahmang, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program ke 5 dan kegiatan ke 21 yaitu peningkatan peran aktif Pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

“Saya berpesan agar terus lakukan perbaikan dan tingkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat semakin menggelorakan dan menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara kamtibmas mulai dari lingkungan sendiri,” tuturnya lagi.

Setelah pelaksanaan apel, juga dilakukan penyerahan hadiah dan memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba Satkamling tahun 2023 yang diikuti oleh perwakilan Nagari se Kabupaten Padang Pariaman.

Selanjutnya sebagai upaya akselerasi, Polri telah mengadakan lomba Satkamling mulai tingkat Polres, Polda hingga nasional. Tak lupa Rahmang juga mengucapkan selamat bagi para pemenang tingkat Polres dan Polda yang akan diumumkan setelah pelaksanaan apel ini. (rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *