oleh

Sekda Baubau: Pengembangan Pemasaran Produk UMKM Wadah Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

NASIONALXPOS.CO.ID, BAUBAU/SULTRA -Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr Roni Muhtar, MPd saat mewakili Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH membuka seminar akhir pengembangan pemasaran produk UMKM, di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Baubau, Kamis 23 September 2021 mengatakan, pengembangan pemasaran produk UMKM adalah sesuatu yang dibutuhkan. Hal itu telah ada didalam renstra Balitbang Baubau. Perencanaan strategis itu sejalan dengan usaha pemerintah Kota Baubau agar UMKM itu makin menggeliat. Olehnya, pengembangan pemasaran produk UMKM itu bisa menjadi wadah peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Baubau.

Menurut Dr Roni Muhtar, M.Pd, produk UMKM sangat penting sebab selaras dengan visi misi pemerintahan Tampil Manis yaitu menjadikan Kota Baubau sebagai kota yang maju, masyarakatnya sejahtera dan berbudaya yang dikemas dalam misinya yang tertib, aman, maju, populer, indah dan lancar. “Jadi segala tata aturan pengelolaannya dalam segala aspeknya harus tertib, aman, maju, populer, indah dan lancar. Atas dasar itu kami dibawah komando Dr H AS Tamrin MH agar konsentrasi kita tertuju pada upaya memberikan tambahan anggaran yang proporsional, logis dan fungsional kepada OPD yang berkaitan dengan kemakmuran masyarakat,”ujarnya.

Ditambahkan, UMKM sebagai salah satu wahana menjadikan masyarakat makmur dan sejahtera. Sehingga, menjadi patokan kota yang maju itu kalau sebagian besar masyarakatnya sudah berpikir menjadi entrepreneurship yakni masyarakatnya minimal sudah berada dalam aktifitas usaha mikro kecil dan menengah yang makin maju dan itulah arah pembangunan Kota Baubau.

Jenderal ASN Kota Baubau ini mengakui, untuk mewujudkan visi dan misi Kota Baubau tidak mungkin bisa “simsalabim melainkan berupaya keras.”Penelitian ini sangat penting, sangat strategis karena pada akhirnya menemukan informasi soal cara-cara pengembangan pemasaran produk UMKM. Dengan begitu kita mendapatkan sebuah telaah akademik tentang bagaimana kita menyelesaikan permasalahanan produk UMKM,” jelas Roni Muhtar.

Lebih lanjut dijelaskan, UMKM di era digitalisasi di era 4.0 pintar-pintar memanfaatkan teknologi informasi sebab itu mutlak dan menjadi sesuatu keharusan sembari meningkatkan kualitas produk UMKM-nya dengan pola penjualan cara Entrepreneurship bisa meningkatkan omset penjualan yang tinggi bila memanfaatkan teknologi dengan positif. “Hadirnya pemerintah dengan ide ide brilian inilah yang diharapkan teman-teman UMKM. Dengan penelitian ini diharapkan bisa menuntaskan penanganan UMKM di Baubau dan saya juga akan tekankan kepada OPD-OPD agar merancang program yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, turut hadir dalam seminar akhir tersebut yakni Ketua Dekranasda Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse, S.Pd yang pada sesi dialog juga banyak memberikan masukan terkait perkembangan UMKM di Kota Baubau. Juga pemateri dari dosen UHO sekaligus peneliti yang direkomendasikan LPPM Dr Nanik Hindaryatiningsih, SE, M.Si dan tim Dra Erny Harijaty, M.Hum. (NDS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed