Sosial

Semarakkan Dies Natalis ke 61, UPT Perpustakaan Universitas Udayana Gelar Pengabdian Masyarakat Internasional

1747
×

Semarakkan Dies Natalis ke 61, UPT Perpustakaan Universitas Udayana Gelar Pengabdian Masyarakat Internasional

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BADUNG —UPT Perpustakaan Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat Internasional, Jumat-Sabtu, 1-2 September 2023 bertempat di Grand Inna Kuta Hotel. Kegiatan ini diikuti sekitar 100 orang terdiri dari peserta yang datang dari berbagai negara di antaranya Jepang, Thailand, Vietnam, Filipina, Amerika, Tiongkok, Korea, Taiwan, dan Indonesia.

Tema Kegiatan yang diangkat kali ini adalah Cultural Literacy: Introduction on Balinese Cuture to International Audience. Narasumber kegiatan ini adalah pustakawan, petugas perpustakaan, duta baca, dan mahasiswa Universitas Udayana yang memiliki pengetahuan dalam menulis aksara Bali, membuat persembahan (canang dan kwangen), pakaian adat Bali, serta pengetahuan mengenai kebudayaan Bali secaraumum. Kegiatan ini ingin mempromosikan budaya Bali ke dunia internasional sehingga peran pustakawan dalam penyediaan informasi budaya dapat diterapkan. Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa dosen dan mahasiswa dari Universitas dalam negeri yaitu Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Advertisement
Foto: Ist

Kepala Perpustakaan Universitas Udayana, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari, menyatakan bahwa pelibatan masyarakat dalam meningkatkan kinerja Perpustakaan mengacu kepada keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 303 Tahun 2022 tentang Instrumen Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi.

“Jika dikaitkan dengan pengabdian ini maka pelibatan masyarakat termasuk kedalam komponen ke 9 yaitu Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat,” jelas kepala Perpustakaan.

Pada akhirnya, dengan terselenggaranya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Internasional ini akan dapat memperkenalkan profil UPT Perpustakaan Universitas Udayana dan memperkenalkan kebudayaan Bali secara umum kepada undangan internasional, serta menuntut peran pustakawan untuk berperan aktif dalam memberikan sumbangan terhadap pengetahuan, khususnya yang terkait dengan budaya Bali.

UPT Perpustakaan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk para sponsor, yaitu I-Group Indonesia, Springer Nature, dan Sagung Seto. (Uchan)

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5908-Menyemarakkan-Dies-ke-61-Universitas-Udayana-UPT-Perpustakaan-Selenggarakan-Pengabdian-Masyarakat-Internasional.html

BACA JUGA :  Anggota DPRD Lampung Selatan Sadide Gelar SOSPER No3 Tahun 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *