Scroll Untuk Baca Berita
Pendidikan

Prodi Teknik Universitas Udayana Laksanakan Proses Pemugaran Pura Penegil Dharma

104
×

Prodi Teknik Universitas Udayana Laksanakan Proses Pemugaran Pura Penegil Dharma

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, BULELENG — Dalam upaya pelestarian warisan budaya, tim Teknik Universitas Udayana Mengabdi telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat Perencanaan Pengawasan Pemugaran Pura Penegil Dharma, Buleleng. Minggu (28/1/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk merencanakan dan mengawasi proses pemugaran serta konservasi salah satu situs bersejarah penting di Bali, yaitu Pura Penegil Dharma yang terletak di Kabupaten Buleleng.

Pura Penegil Dharma memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang tinggi bagi masyarakat Bali. Namun, seiring dengan perubahan zaman dan faktor-faktor lingkungan, kondisi fisik pura tersebut mengalami kerusakan dan perlunya pemugaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip konservasi bangunan cagar budaya.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Dalam rangka mendukung upaya pelestarian ini, tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari dosen-dosen Fakultas Teknik Universitas Udayana melakukan serangkaian kegiatan. Pertama, mereka melakukan studi mendalam terhadap kondisi fisik pura, termasuk analisis struktur bangunan, material, dan kondisi lingkungan sekitar.

BACA JUGA :  Program Riset MBKM Mandiri, 3 Mahasiswa Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Kunjungi BRIN

Kemudian, berdasarkan hasil studi tersebut, tim merancang perencanaan pemugaran yang memperhatikan aspek-aspek teknis dan kebudayaan. Hal ini meliputi pemilihan material yang sesuai dengan karakteristik asli pura, metode pemugaran yang memperhatikan kelestarian struktur bangunan, serta upaya pengawasan selama proses pemugaran berlangsung.

BACA JUGA :  Catat Bun! Ini Daftar 73 SMP dan MTS Swasta yang Digratiskan Pemkot Tangerang

Kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif masyarakat setempat dalam proses pemugaran. Melalui pendekatan partisipatif, diharapkan masyarakat dapat lebih terlibat dalam upaya pelestarian warisan budaya mereka sendiri.

BACA JUGA :  Tingkatkan Fasilitas Air Bersih di Desa Pelaga, Prodi Teknik Mesin Universitas Udayana Serahkan Pompa Hydram

Dengan pelaksanaan  kegiatan Perencanaan Pengawasan Pemugaran Pura Penegil Dharma Buleleng ini menunjukkan komitmen mereka dalam mengabdi kepada masyarakat serta berperan aktif dalam pelestarian dan pengembangan warisan budaya bangsa. Upaya ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keberlangsungan dan keberagaman budaya di Indonesia, khususnya di Pulau Dewata, Bali. (Uchan)

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4334-Teknik-Udayana-Mengabdi-Perencanaan-Pengawasan-Pemugaran-Pura-Penegil-Dharma-Buleleng.html