Daerah

TPI Cituis Destinasi Alternatif Pedagang Ikan di Kabupaten Tangerang

352
×

TPI Cituis Destinasi Alternatif Pedagang Ikan di Kabupaten Tangerang

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, KABUPATEN TANGERANG -Dipandang dari segi geologisnya Kabupaten Tangerang merupakan dataran rendah, memiliki luas wilayah mencapai 959,61 kilometer persegi dengan ketinggian antara 0 hingga 85 meter di atas permukaan laut (Mdpl), di bagian utara Tangerang terdapat pesisir pantai seluas 51,2 kilometer yang berbatasan langsung dengan laut Jawa dan bersebelahan dengan teluk Jakarta.

BACA JUGA :  Masa Peniadaan Mudik Resmi Berlaku, Kapolresta Tangerang Cek Pos Penyekatan Perbatasan

Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten dikenal memiliki banyak daerah pesisir pantai yang tersebar di beberapa Kecamatan. Selain itu terdapat pelabuhan-pelabuhan dengan beragam aktivitas nelayan, salah satunya adalah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cituis, yang bertempat di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

Advertisement

Adapun sekilas tentang sejarah asal usul berdirinya TPI Cituis menurut penuturan Suryadi selaku mantan koordinator Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPI Cituis kepada NASIONALXPOS.co.id Minggu, (16/06/2024).

BACA JUGA :  Dandim Minahasa Letkol Sinaga Ajak Masyarakat Agar Jangan Takut di Vaksin

Suryadi menyampaikan bahwa, sekitar tahun 1976 di TPI Cituis belum terdapat aktivitas jual-beli hasil tangkapan nelayan melalui lelang, saat itu hasil tangkapan laut sebagian besar dikuasai oleh tengkulak.

“Hampir semua hasil tangkapan masuk ke tengkulak yang menyebabkan kerugian bagi para nelayan, karena keperihatinan tersebut para nelayan mengajukan pembentukan sebuah wadah (aula) tempat pelelangan ikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.” Ucap Suryadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *