Daerah

Wabup Bungo Lantik Datuk Rio Kecamatan Taseplin

3445
×

Wabup Bungo Lantik Datuk Rio Kecamatan Taseplin

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BUNGO – Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd menghadiri dan melantik 2 Datuk Rio/Kades dalam Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas (Taseplin) Kabupaten Bungo.

Pelantikan dan pengukuhan gelar adat 2 Rio bertempat di Kantor Camat Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo, Senin (29/08).

Diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi yang dilanjutkan dengan pembacaan SK pelantikan Rio dari Bupati Bungo, dan dilanjutkan dengan Pelantikan 2 Rio dalam kecamatan tanah sepenggal lintas, Kabupaten Bungo yakni Rio Sungai Tembang dan Rio Sungai lilin serta pembacaan sumpah jabatan yang diambil oleh Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd.

Kemudian pelantikan Ketua TP PKK Dusun Sungai Tembang dan Sungai Lilin yang dipimpin oleh ketua TP PKK Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo.

2 Rio yang dilantik mendengarkan tunjuk ajar yang dipimpin oleh Ketua Lembaga Adat Kabupaten H. Hasan atau mendengarkan nasehat dari Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Bungo kepada 2 Datuk Rio yang dilantik.

Rio Sungai Tembang Sabran Efendi diberi gelar oleh Ketua Lembaga Adat Kecamatan ” Rio Mudo Anggokarti” dan Rio Dusun Sungai lilin Jalal diberi gelar adat oleh Ketua Lembaga Adat Kecamatan dengan “Rio Mudo Istana Rajo”.

BACA JUGA :  Warga Citikur Gotong - Royong Membangun Masjid Baru

Camat Tanah Sepenggal Lintas Novi Satria, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati beserta rombongan yang telah berkenan hadir dalam pelantikan dan pengukuhan gelar adat Datuk Rio di Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo.

“Terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati Bungo beserta rombongan yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri dan melantik serta pengukuhan gelar adat Datuk Rio wilayah Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas,” kata Novi Satria.

Semoga Bapak Bupati dan Wakil Bupati selalu dalam keadaan sehat wal’afiat dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,” tambah Camat.

Ditambahkan Camat ucapan terima kasih juga yang tak terhingga kepada semua pihak terutama kepada panitia pemilihan Rio khususnya kepada pihak keamanan serta seluruh lapisan masyarakat yang telah membantu dan menjaga kondisi kita dan keamanan serta saat pelaksanaan Pemilihan Rio (Pil Rio) serentak yang telah berlalu sehingga berjalan dengan lancar hingga saat pelantikan ini.

BACA JUGA :  Dipertanyakan Legalitas EO Mata Elang

“Selanjutnya kami atas pemerintah dan masyarakat kecamatan tanah sepenggal lintas selalu mendoakan Bupati Bungo agar selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugas dan amanah sebagai pemimpin di Kabupaten Bungo demi mewujudkan Bungo maju dan sejahtera,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Aprianto, S.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan datuk Rio Sungai Tembang dan Sungai Lilin, mudah-mudahan sama-sama kita doakan keduanya akan mampu membawa kemajuan buat Dusun dan kesejahteraan buat masyarakat.

“Kita cermati hari ini peran kepala desa atau Rio sangat penting dalam undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa disebutkan bahwa pemerintahan di Suatu desa itu merupakan ujung tombak dalam melayani masyarakat apalagi kita di Bungo ini Datuk Rio punya dua fungsi sekaligus pertama sebagai pemimpin administratif yang kedua yang juga tidak kalah pentingnya adalah sebagai pemangku adat, inilah yang disampaikan oleh dari LAM tadi bagaimana datuk rio memposisikan nilai sebagai orang tua yang dicontoh dalam segala perbuatan dari apa yang kita ucapkan tingkah laku perbuatan semua masyarakat,” papar Wabup.

BACA JUGA :  Mantap Hanya Hitungan Hari, Brigpol Maidani Buktikan Janjinya

Wakil Bupati meminta kepada Datuk Rio yang dilantik hari ini, mari sama-sama kita pahami dengan baik yang pertama setelah pelantikan ini segera disatukan di semua hal yang masyarakat hari ini.

Datuk Rio adalah pemimpin buat seluruh masyarakat, bukan lagi untuk sekelompok orang, Pil Rio sudah selesai, jangan ada lagi kotak-kotakkan dalam pembangunan Dusun dan rangkul lah BPD agar Datuk Rio dan BPD bisa bersinergi dalam membangun dusun masing-masing”, pungkas Wabup.

“Lebih lanjut Wabup menambahkan gunakan volume prinsip, mudahkan urusan orang yang dipersulit, cepatkan urusan orang jangan diperlambat,” tutup Wabup. (is)