Pendidikan

Dies Natalis ke 61, LPPM Universitas Udayana Laksanakan Giat Pengabdian Masyarakat di Desa Penarungan

1613
×

Dies Natalis ke 61, LPPM Universitas Udayana Laksanakan Giat Pengabdian Masyarakat di Desa Penarungan

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BADUNG —Dalam rangka Dies Natalis Ke-61 Universitas Udayana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, dengan tema “Analisis dan Pemanfaatan Sumber Air di Desa Penarungan” bertempat di Kantor Kepala Desa Penarungan, Jumat 8 September 2023. Kegiatan pengabdian menghadirkan dua narasumber yaitu Kepala Bagian Distribusi, Perumda Air Minum Tirta Mangutama, Badung, I Ketut Gede Suryawan, ST.,MSi dan Ketua Tim Pengabdi LPPM Unud Ir. Kadek Diana Harmayani, ST., MT., PhD., IPM., ASEAN.Eng.

Hadir pada kegiatan pengabdian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Badung, Ketua dan Sekretaris LPPM Unud, Prebekel dan perangkat desa Penarungan, tim pengabdi, Ketua Dies Unud, staff LPPM Unud, perwakilan masyarakat desa Penarungan dan beberapa stakeholder yang berkepentingan agar masyarakat mengetahui hasil analisisnya dan mendapat edukasi tentang pemanfaat sumber air sehingga dapat dilakukannya tindak lanjut.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi. menerangkan berdasarkan identifikasi masalah dan analisis potensi dari mahasiswa KKN PPM dan MBKM Membangun Desa/KKNT yang ditempatkan di Desa Penarungan muncul beberapa permasalahan dan potensi yang memang harus dilakukan pemecahannya, dilanjutkan dengan hasil diskusi mahasiswa bersama Kepala Desa dan Aparat Desa ditemukannya permasalahan sumber air yang perlu dilakukannya pemecahan lebih lanjut. Sehingga, dari LPPM Unud menugaskan Tim Pengabdi dari Prodi Teknik Lingkungan untuk melaksanakan studi terkait dengan analisis dan pemanfaatan sumber air.

BACA JUGA :  DWP Universitas Udayana Gelar Tirtayatra ke 3 Pura di Bali Utara

Prebekel Penarungan, Ni Wayan Kerni, SH berterima kasih kepada Universitas Udayana yang sudah memfasilitasi sumber mata air di Desa Penarungan, terdapat tiga mata air yaitu Taman Beji Paluh, Taman Beji Banjar Guming dan Taman Beji Taman Sari. Diharapkan dengan mengetahui hasil analisis kualitas air di Desa Penarungan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan sehari-hari. Lebih lanjut, Sekretaris Desa Penarungan, Gede Gumatra, ST yang turut mendampingi Kepala Desa menerangkan harapan kedepannya dengan kualitas sumber air yang baik, Desa Penarungan dapat mengembangkan air mineral dalam kemasan dari potensi sumber air yang ada dan dikelola oleh BUMDes sebagai sumber pendapatan desa.

BACA JUGA :  Sebanyak 180 Dosen dari Berbagai PTN/PTS se-Bali Ikut Pelatihan Pekerti di Universitas Udayana

Ketua Pengabdi, Kadek Diana Harmayani, PhD., menjelaskan tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah untuk (1) Menganalisis kualitas sumber air di Desa Penarungan, (2) Menganalisis kuantitas sumber air di Desa Penarungan dan (3) Menganalisis sistem pemanfaatan sumber air di Desa Penarungan. Sehingga, dari hasil analisis tersebut dapat diberikan saran dan rekomendasi terkait dengan pengolahan sumber air kepada Pihak Desa dan Masyarakat Desa Penarungan. (Uchan)

BACA JUGA :  Partisipasi Universitas Udayana di Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta ke 19

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5923-Rangkaian-Pengabdian-kepada-Masyarakat-Dies-Natalis-ke-61-LPPM-Unud-Serahkan-Analisa-Kualitas-dan-Pemanfaatan-Sumber-Air-di-Desa-Penarungan-Badung.html