Scroll Untuk Baca Berita
Pendidikan

Fakultas Pertanian Universitas Udayana Gelar Seminar Nasional Biosains dan Bioteknologi 2023

66
×

Fakultas Pertanian Universitas Udayana Gelar Seminar Nasional Biosains dan Bioteknologi 2023

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, DENPASAR —Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud) gelar Seminar Nasional Bio sains dan Bioteknologi 2023, yang berlangsung di Aula Pascasarjana Unud, Rabu (12/12/2023).

Acara seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya. Seminar Nasional ini rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati ulang tahun Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Dalam sambutannya Dekan menyampaikan bahwa tujuan seminar ini secara umum adalah dalam rangka memperluas wawasan dan membangun jaringan nasional yang kuat, dan secara khusus seminar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman  dalam penggunaan mikroskop yang memiliki banyak peran diberbagai bidang termasuk dalam penelitian. Melalui seminar ini nantinya dapat meningkatkan keterampilan dalam bidang penelitian biologis dan menambah karya ilmiah yang dihasilkan.

BACA JUGA :  Sebanyak 384 Mahasiswa Universitas Udayana Ikuti Pembekalan Umum KKN Periode XXVIII

Kadek Wisma Yudha, S.P., M.P, selaku Ketua Panitia Seminar melaporkan  bahwa kegiatan Seminar ini terlaksana atas kerjasama Fakultas Pertanian Universitas Udayana dengan PT. Wadya Prima Mulia yang diinisiai oleh Prof. Wirawan dan Yawarsa.  Dalam kesempatan kali ini juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Pertanian dengan PT Wadya Prima Mulia. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan tidak hanya berlangsung kegiatan sebatas pelaksaan seminar saja, namun bisa menjadi awal untuk kerja sama selanjutnya yang terfokus dalam peranan dan pemanfaatan mikroskop seperti pelatihan, workshop indentifikasi dasar dengan menggandeng institusi mitra untuk berkolaborasi.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Aspan : Pembangunan Perpus SMPN 30 Tebo dapat Perhatian Khusus

Dalam pengantar Seminar Nasional ini, Professor Wirawan selaku Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Udayana menyampaikan materi berjudul Penelitian dengan Metode Molekuler dan Mikroskopis Memberi Data yang Khas dan Menjawab Mekanisme.

Selain peserta dari Fakultas Pertanian,  seminar ini juga turut dihadiri  Syahrudin Agung Permana selaku perwakilan dari PT. Wadya Prima Mulia, sekaligus sebagai Narsumber  yang menyampaikan Perkenalan Company Profile dan materi berjudul The Development of Microscopy Technique in Life Science Research. Narasumber lainnya yaitu Dr. Anak Agung Gede Indraninggrat dari Universitas Warmadewa yang menyampaikan materi berjudul Bioprospecting Antimicrobial Potential of Bacillus sp. SMPRL2 associated with seaweeds Eucheuma cottonii, Fitria Dwi Ayuningtyas, Phd, yang merupakan Kepala Laboratorium Olympus Bio Imaging Center Institut Teknologi Bandung, yang menyampaikan materi berjudul Advance Bioimaging using Confocal Laser Scanning.

BACA JUGA :  Universitas Udayana Terima Audiensi Ditjen Dukcapil RI

Selain itu, hadir pula narasumber internal Universitas Udayana yaitu Profesor I Wayan Supartha, Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Udayana yang menyampaikan materi berjudul Invasive Insect Pest Outbreak in The Last Decade in Bali: Treated and Management, Putu Shinta Devi, SP., M.P, dari Balai Besar karantina Denpasar, dr. Gede Putu Supadmanaba, MSc, Staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan Galuh Setyanto Pradana yang membawakan materi berjudul Applied Spectral Imagin: Advanced Microscopy and Digital Analysis for Health -Related Research. (Uchan)

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6182-Fakultas-Pertanian-Universitas-Udayana-Selenggarakan-Seminar-Nasional-Biosains-dan-Bioteknologi-2023.html