TNI & Polri

Gerak Cepat, Bhabinkamtibmas Polsek VII Koto Sungai Sarik Aipda Nasrullah Bantu Masyarakat yang Terdampak Banjir

473
×

Gerak Cepat, Bhabinkamtibmas Polsek VII Koto Sungai Sarik Aipda Nasrullah Bantu Masyarakat yang Terdampak Banjir

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, SUMBAR – Bhabinkamtibmas Polsek VII Koto Sungai Sarik ,Polres Padang Pariaman Aipda Nasrullah, SH bersama dengan masyarakat membantu membersihkan rumah masyarakat dari tumpukan lumpur yang dikirim banjir semalam di Nagari Balah Aie, dan Balah Aie Utara, pada Jumat (14/7/23)

Banjir yang bersumber dari tingginya curah hujan dari malam membuat sungai batang Mangoi meluap dan menggenangi sebagian rumah warga yang berada di pinggiran aliran sungai batang mangoi dan pagi ini warga sudah mulai membersihkan rumah karena air sudah mulai surut, akibat dari banjir ini beberapa sawah dan ladang serta ternak masyarakat terendam air sehingga warga mengalami kerugian.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Walinagari Balah Aie Jonifriadi saat ditemui awak media menyampaikan curah hujan yang cukup tinggi sebagian wilayah Nagari Balah Aie diterjang banjir yang berasal dari aliran sungai Batang mangoi.

BACA JUGA :  Berhati Mulia, Bhabinkamtibmas Desa Tulikup Sisihkan Tunjangannya Bantu Warga Kurang Mampu

“Kita apresiasi bhabinkamtibmas karena dengan cepat dan tanggap membantu masyarakat kami yang terdampak banjir,”ucap Walinagari.

Kami sampaikan kepada masyarakat untuk dapat berhati-hati apalagi yang tinggal di pinggiran sungai dan ditepi bukit atau tebing berhubung cuaca tidak baik, dengan adanya musibah banjir ini, tentunya kami di Nagari melalui walikorong akan secepatnya melakukan pendataan bagi masyarakat yang terdampak banjir sesuai dengan anjuran dari dinas terkait,”terang Jonifriadi.

Kapolsek VII Koto Sungai Sarik Iptu Ardi Nefri,SH saat dihubungi awak media menjelaskan akibat curah hujan yang cukup tinggi ada beberapa Nagari Yang mengalami banjir dan salah satu titik nya di Nagari Balah Aie dan Balah Aie utara, dan pihak kami melalui Bhabinkamtibmas di Nagari masing-masing sudah berada dilokasi banjir guna untuk membantu masyarakat

Ditegaskan terutama kepada Bhabinkamtibmas agar dapat meningkatkan kewaspadaan serta memberikan himbauan kepada masyarakat guna untuk antisipasi terhadap bahaya banjir mengingat cuaca masih belum normal.

“Saya perintahkan kepada Bhabinkamtibmas di jajaran Polsek VII Koto Sungai Sarik polres Padang Pariaman agar tetap monitor daerahnya terkait dengan seringnya terjadi musibah banjir apabila hujan lebat,” tegas Ardi .

Khusus untuk Bhabinkamtibmas yang bertugas di daerah yang rawan banjir, apabila terjadi banjir berikan pertolongan secepatnya bersama dengan dinas terkait dan secepatnya pula dilakukan evakuasi terhadap masyarakat ketempat yang lebih aman dan selanjutnya berikan bantuan lainnya yang dirasa perlu.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kewaspadaan ,karena cuaca saat ini belum menentu, yang lebih diutamakan bagi masyarakat yang berdomisili disepanjang tepi aliran sungai, kemudian masyarakat yang tinggal berdekatan dengan bukit atau tebing untuk harus berhati-hati dari acaman tanah longsor,” kata Ardi mengakhiri. (rd)