Pendidikan

Jalin Kerjasama, Universitas Udayana Gelar The 2nd Indonesia Alumni International Symposium Bersama Yamaguchi University

1889
×

Jalin Kerjasama, Universitas Udayana Gelar The 2nd Indonesia Alumni International Symposium Bersama Yamaguchi University

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, DENPASAR
Universitas Udayana menggelar internasional simposium bersama Universitas Yamaguchi di acara 2nd Yamaguchi University Indonesia Alumni Internasional Symposium, di Gedung Pasca Sarjana, Jalan PB. Sudirman, Denpasar. Jumat, (15/9/2023) pukul 10.00 Wita.

Serangkaian acara Dies Natalis tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Rektor I Universitas Udayana Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, President of Yamaguchi University, Prof. Yukio Tanizawa, General Consul Japan, Harumi Katumata, Faculty of Economic Yamaguchi University Prof. Tetsuji Umaba, Faculty of Veterinary Medicine, Director International Exchange Divison, Hiroyuki Tanaka, International Planning Section, International Exchange Division, Vice Director Center for Research and Application for Remote Sensing (YUCRAS) International Collaboration Office Yamaguchi University (YUIKO) Bali, serta para Alumni dari Yamaguchi University dan 100 mahasiswa Universitas Udayana dari berbagai Fakultas.

Advertisement

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Universitas Udayana Prof. Gede Rai Maya Temaja menyampaikan ucapan selamat datang kepada Konsul Jepang untuk Indonesia, President Yamaguchi University beserta delegasi dan seluruh peserta yang telah hadir.

“Selamat datang saya ucapkan kepada semua di acara “The 2nd Yamaguchi University Indonesia Alumni International Symposium on Diversity and Harmony, Introducing Academic and Student Life in Yamaguchi University“. Suatu kebanggaan dan kehormatan atas kehadirannya Yang Mulia Konsulat Jenderal Jepang Ms. Harumi Katumata, Mr President Yamaguchi University dan semua delegasi yang hadir dalam pertemuan ini,” ucap Prof Gede Rai.

Prof. Gede Rai Maya Temaja juga memperkenalkan kepada seluruh delegasi  Yamaguchi University dan peserta tentang prestasi Universitas Udayana serta komitmen dalam misi, sekaligus kerjasama yang sudah terjalin lama dengan Yamaguchi University.

“Universitas Udayana sudah menjadi universitas unggulan dari badan akreditasi nasional serta penghargaan Swiss Star dari QS Star Rating. Itu menunjukkan bahwa Universitas Udayana sangat dikenal baik di Indonesia maupun Internasional. Hadirin sekalian, ada sejarah panjang kemitraan hubungan kerjasama yang sudah terjalin antara Universitas Yamaguchi dan Universitas Udayana, di mana kami telah melaksanakan program pertukaran mahasiswa, bekerjasama dalam penelitian, program double degree, dan lainnya, namun karena pandemi Covid-19, membuat mahasiswa Universitas Yamaguchi tidak dapat masuk ke Bali untuk belajar di Universitas Udayana, begitu juga sebaliknya, hingga membuat hal yang mengejutkan dan tidak diharapkan, bukan hanya bagi mahasiswa, tetapi juga staff universitas. Memasuki era baru, kami ingin merestrukturisasi program internasional dengan Universitas Yamaguchi dalam rangka pendidikan, serta hubungan internasional yang lebih erat ” ungkapnya.

Wakil Rektor I Universitas Udayana, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja.
Foto: uchan

Untuk dua universitas di kedua negara, ucap Prof. Gede Rai, dirinya berharap kepada konsulat jenderal jepang Ms. Harumi Katumata untuk dapat kembali mempromosikan kolaborasi yang sudah terjalin dengan baik antara Universitas Yamaguchi dan Universitas Udayana.

“Saya berharap, kolaborasi yang baik antara Universitas Udayana, Universitas Yamaguchi, dan Konsulat Jemderal Jepang, akan menghasilkan kesuksesan yang besar untuk dua universitas di dua Negara,” tandas Gede Rai.

Konsulat Jenderal Jepang Ms. Harumi Katumata.
Foto: uchan

Senada dengan Prof. Gede Rai Maya Temaja, Konsulat Jenderal Jepang Ms. Harumi Katumata menyampaikan bahwa,

“Selamat pagi dan Om swastyastu, suatu kehormatan dan kesenangan berada di Symposium ini bersama anda. Sudah hampir 3 tahun semenjak saya datang ke Bali, namun pada paruh pertama waktu tersebut, sayangnya adalah waktu yang buruk. banyak budaya dalam pertukaran akademik dihentikan karena pandemi. Tahun ini menandai ulang tahun ke 65 hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang, sekaligus dalam rangka kunjungan Kaisar dan Permaisuri Jepang ke Indonesia, setelah kunjungan tersebut, Kaisar Jepang mengatakan bahwa, agar generasi muda dapat saling memahami dan mengembangkan persahabatan serta kerjasama antara kedua Negara di masa depan. Saya juga berharap, pertukaran mahasiswa dan akademisi antara Universitas Udayana dan Universitas Yamaguchi ini akan terus berkembang dan berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik,” ungkapnya.

Sementara President Universitas Yamaguchi, Prof. Yukio Tanizawa, dalam wawancara bersama media Nasionalxpos.co.id menyampaikan bahwa,

“Universitas Udayana adalah universitas besar dengan banyaknya jumlah mahasiswa di dalam kampus yang besar dengan keindahan kampusnya. Dan di sana banyak Fakultas untuk mahasiswa agar dapat belajar lebih baik,” ucapnya.

Universitas Udayana, kata Prof Yukio Tanizawa adalah salah satu Universitas paling bergengsi di Bali dan juga di Indonesia, dirinya juga mengatakan bahwa Universitas Yamaguchi juga akan berkolaborasi dengan banyak Universitas di kawasan Asia, eropa dan Amerika.

Salah satu alumni Universitas Yamaguchi mengatakan bahwa,

“Saya memiliki ribuan pengalaman yang tak terlupakan saat berada di Universitas Yamaguchi di mana saya dapat menemukan kekuatan koneksi antara komunitas lokal dengan mahasiswa internasional tentu di Universitas Yamaguchi,” bebernya.

Untuk diketahui, Universitas Yamaguchi adalah salah satu institusi Jepang yang didirikan pada tahun 1949 di Prefektur Yamaguchi yang terletak di sisi barat pulau Honsu. (Uchan)

BACA JUGA :  LPPM Universitas Udayana Gelar Kompetisi Bisnis Pelaku Usaha Binaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *