Scroll Untuk Baca Berita
Daerah

Komitmen Berantas Korupsi, Pungli, dan Gratifikasi, Ini Pernyataan Karutan Gianyar

1544
×

Komitmen Berantas Korupsi, Pungli, dan Gratifikasi, Ini Pernyataan Karutan Gianyar

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, GIANYAR —Wujud komitmen Rutan Gianyar dalam membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kepala Rutan Gianyar, Agung Hascahyo bersama seluruh pejabat struktural dan pegawai memberikan penguatan sekaligus sosialisasi Tolak Korupsi, Pungutan Liar (Pungli), dan Gratifikasi kepada seluruh WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) setelah melaksanakan senam pagi bersama. (3/11/2023).

Pada kegiatan tersebut, Agung Hascahyo menyampaikan kepada seluruh WBP bahwa Rutan Gianyar berkomitmen memberikan pelayanan yang prima secara gratis tanpa indikasi tindakan-tindakan korupsi, Pungli, dan gratifikasi kepada warga binaan dan masyarakat yang merupakan keluarga warga binaan.

“Saya pastikan dan tegaskan bahwa pelayanan kami (Rutan Gianyar) gratis tanpa adanya pungutan biaya sepeser pun. Silahkan kepada WBP dan keluarga untuk tidak ragu dan takut dalam menggunakan layanan yang diberikan Rutan Gianyar. Kami siap 100% membantu secara gratis tanpa ada pungutan biaya sedikit pun,” tegas Agung Hascahyo.

Tidak hanya itu, mantan Kepala Bapas kelas II Karangasem tersebut juga menyampaikan kepada seluruh WBP apabila ada oknum pegawai yang berindikasi melakukan tindakan pungli dalam memberikan pelayanan, agar tidak ragu dan segera membuat laporan pengaduan untuk ditindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku.

“Arahan pimpinan sifatnya tegas, jadi mohon untuk seluruh pegawai dan WBP jika ada informasi oknum-oknum petugas yang terindikasi melakukan pungli, jangan ragu segera laporkan dengan bukti yang jelas, pasti akan kami tindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kami tidak akan mentolerir adanya penyimpangan-penyimpangan seperti itu,” lanjut Agung.

Lebih lanjut, Karutan Gianyar juga menginformasikan kepada WBP terkait dengan jadwal dan prosedur pelayanan yang ada di Rutan Gianyar yang dapat diakses oleh mereka yang merupakan keluarga warga binaan.

“Mari kita sama-sama satukan semangat menolak korupsi, Pungli, dan gratifikasi. Ketiga unsur ini tidak boleh ada di antara kita pegawai Rutan Gianyar, warga binaan, dan keluarga yang merupakan keluarga warga binaan. Kita harus bersih dari ketiga unsur tersebut dan bantulah pelayanan yang kami berikan (Rutan Gianyar) dapat berjalan sesuai prosedur yang berlaku sesuai dengan amanat Undang-Undang,” ajak Agung Hascahyo.

Diakhir penyampaiannya, seluruh pegawai dan WBP menyatakan siap untuk menolak korupsi, Pungli, dan gratifikasi di lingkungan Rutan Gianyar. Bahkan salah satu warga binaan menyampaikan testimoninya bahwa selama ia mengakses layanan di Rutan Gianyar, sudah sesuai prosedur dan pegawai memberikan pelayanan yang maksimal secara gratis dengan berlaku sopan dan ramah. (Uchan)

BACA JUGA :  Koleksi Kasus Sang Raja Kerajaan Otonomi