Pendidikan

Sistem e-Goverment SPBE Bawa Mohammad Hidayat Koniyo Raih Gelar Doktor ke 55 FT Universitas Udayana

1532
×

Sistem e-Goverment SPBE Bawa Mohammad Hidayat Koniyo Raih Gelar Doktor ke 55 FT Universitas Udayana

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, DENPASAR —Program Studi Doktor Ilmu Teknik (PSDIT) Fakultas Teknik Universitas Udayana melaksanakan promosi Doktor ke 55. Selasa (24/10/2023), di Aula Pascasarjana, Lantai 3, Gedung Pascasarjana, Universitas Udayana Jl. P.B. Sudirman Denpasar. Promovendus Mohammad Hidayat Koniyo, ST., M.Kom dengan disertasi berjudul GEMS Framework untuk Evaluasi Penerapan e-Government, memperoleh predikat sangat memuaskan.

Dalam pemaparannya, Dr. Mohammad Hidayat Koniyo, ST., M.Kom menjelaskan perlunya penerapan sistem e-Government “SPBE” atau e-Government yang terus ditingkatkan karena masih terdapat kesenjangan yang signifikan dalam penyelenggaraan pemerintahan antar pemerintah daerah. Untuk mengurangi kesenjangan ini, perlu dikembangkan kerangka kerja dan model pengukuran yang tepat untuk mengevaluasi implementasi e-Government. Framework GEMS (Government Assessment Maturity Used Smart-PLS) disusun mencakup empat dimensi yaitu kebijakan, tata kelola, layanan, dan penggunaan. Masing-masing dimensi mempunyai indeks yang sesuai untuk mengukur tingkat kesiapan implementasi e-Government. Sebelum menggunakan konstruk framework untuk mengukur kesiapan, dilakukan tahap pengujian dengan menggunakan model persamaan semantik untuk mengetahui apakah telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Berdasarkan kerangka tersebut, maka terciptalah suatu model yang mampu mengukur tingkat kesiapan implementasi e-Government, untuk menentukan area mana yang perlu ditingkatkan di masa depan. Melalui penilaian yang tepat, tingkat keberhasilan penerapan sistem e-Government di pemerintah daerah dapat ditingkatkan.

BACA JUGA :  Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana Bahas Tindak Lanjut Kerjasama dengan HK Haibin

Selaku ketua sidang adalah Koordinator PSDIT, Prof. Dewa Made Priyantha Wedagama, ST., MT., MSc., Ph.D. Promotor, ko-promotor I dan II adalah Prof. Ir. Ida Ayu Dwi Giriantari, M.Eng.Sc., Ph.D., IPM., Prof.Dr.Ir. Made Sudarma, M.A.Sc., IPU., ASEAN.Eng dan Prof. Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, S.T., M.Si., Ph.D., IPM. Bertindak sebagai penyanggah adalah Prof. Ir. Rukmi Sari Hartati, M.T., Ph.D., Prof. Nyoman Gunantara, S.T., M.T., Dr. Ir. Ida Bagus Alit Swamardika, M.Erg., IPM., ASEAN.Eng., Ir. Wayan Gede Ariastina, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D dan Prof.Dr.Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., IPM (Rektor Universitas Negeri Gorontalo). Selaku undangan akademik adalah Prof. Lanto Ningrayati Amali, S.Kom, M.Kom, Ph.D. (Universitas Negeri Gorontalo)., Dr.Ir. I Nyoman Setiawan, M.T., dan Dr.Ir. Lie Jasa, M.T. (uchan)

BACA JUGA :  Yudisium FH Universitas Udayana Periode Oktober 2023

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3848-Sistem-e-Government-SPBE-Membawa-Mohammad-Hidayat-Koniyo-meraih-gelar-Doktor-ke-55-di-Fakultas-Teknik-Universitas-Udayana.html