Video

Viral Mario Dandy Bisa Pakai Sendiri Borgol Kabel Ties, Polisi: Hasil Editan

540
×

Viral Mario Dandy Bisa Pakai Sendiri Borgol Kabel Ties, Polisi: Hasil Editan

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, JAKARTA -Sebuah unggahan video memperlihatkan Mario Dandy Satriyo, 20, bisa leluasa pakai sendiri borgol kabel ties di tangannya jadi sorotan warganet. Video itu pun tersebar di sejumlah media sosial dan viral.

Video itu kali pertama diunggah di Twitter oleh akun @tolakbigotnkri pada Jumat (26/5/2023) pukul 17.24 WIB menampilkan tersangka Mario Dandy Satriyo mengenakan baju berwarna hitam kemudian memakai kabel ties sendiri saat dia disorot oleh kamera. Kemudian video tersebut juga memperlihatkan saat Mario telah mengenakan baju tahanan dan mengucapkan permohonan maaf tapi dengan raut wajah tanpa penyesalan.

“Apa-apaan ini Mario Dandy Senyum-Senyum Minta Maaf Aniaya David Ozora dan Keluarganya. Kelihatan sekali raut mukanya tidak menyesal sekali! Kita berharap Mario Dandy ini dihukum semaksimal mungkin. Jangan kasih kendor!” tulis akun tersebut dikutip dari Antara pada Sabtu (27/5/2023).

Polda Metro Jaya pun angkat bicara terkait video yang viral di media sosial yang memperlihatkan Mario Dandy Satriyo menggunakan kabel ties (kabel pengikat) sebagai borgol tangannya sendiri merupakan hasil pengeditan dua rekaman dari peristiwa yang berbeda.

BACA JUGA :  Kunker ke Polres Dharmasraya, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono Sebut Jadi Polisi itu Melaksanakan Amar Makruf Nahi Mungkar

“Video tersebut merupakan dua peristiwa yang melalui proses pengeditan digabungkan menjadi satu frame dengan menambahkan teks dan efek latarbelakang suara sehingga menimbulkan persepsi negatif, ” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Trunoyudo menjelaskan peristiwa tersebut pada faktanya masih bertempat di dalam kawasan rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya di bawah pengawasan penyidik dan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti. “Pada saat pengurusan administrasi penyerahan tersangka dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti kepada penyidik. Namun dalam video, MDS dengan sendirinya tiba-tiba menggunakan kabel ties pada saat mengetahui adanya kamera, ” ucapnya.

Trunoyudo juga menyampaikan fakta sesungguhnya pascaadministrasi telah selesai, penyidik secara standar operasional prosedur (SOP) memakaikan baju tahanan berwarna oranye dan memasangkan kabel ties kepada tersangka. “Selanjutnya penyidik baru bisa membawa tersangka keluar dari rumah tahanan Polda Metro Jaya ke gedung Bid Dokkes untuk dilakukan tes kesehatan akhir sebelum dilakukan pelimpahan tahap dua ke Kejari Jakarta Selatan, ” katanya.

BACA JUGA :  Bentrok Ormas Kembali Terjadi di Ciledug, Dua Orang Jadi Korban

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kontrol sosial dengan sarana media. “Kami, Polda Metro Jaya mengucapkan terima kasih atas perhatian seluruh masyarakat, yang sudah berperan memberikan kontrol sosial dengan sarana media, ” pungkasnya.

Video yang memperlihatkan Mario Dandy terciduk leluasa pakai kembali borgol kabel ties itu juga diunggah di Instagram Lambe Turah. “Lhaa gimana ituhh,” tulis @lambe_turah dikutip pada Sabtu.

Tak sedikit warganet mengomentari video tersebut. Tak sedikit warganet menyindir penjelasan bahwa video tersebut editan. ” keren banget yang edit.. suruh rekrut buat team produksi hollywood dah.. keren bgt editannya,” tulis @rickyka***.

“Kata polisi itu editan ? yakali .Ga usah diborgol juga gpp koq, kenapa harus berbohong kl itu hasil editan? Itu bukan pembodohan publik tapi pernyataan anda yg terlihat bodoh!” tulis @eddysisw***.

BACA JUGA :  Mencekam, Anggota Polisi Diserang oleh Beberapa Orang Anggota Ormas di Medan

“Lohh katanya itu editan,” tulis @vnz.***.

Tak sedikit pula warganet Twitter membahas soal penjelasan polisi yang mengatakan video Mario Dandy pakai kabel ties sendiri tersebut sebagai hasil editan, alhasil kata editan jadi trending topic di Twitter. Hingga Sabtu pukul 21.45 WIB, ada 20,2 ribu tweet menggunakan kata editan.

“Polda memberi klarifikasi kalau video Mario Dandi yg masang kabel sendiri adalah editan. Harusnya pihak polri menunjukkan mana video asli sebelum ada editan dan segera menangkap si pembuat dan penyebar video editan tsb,” cuit @KangManto*** dikutip dari Twitter.

“Katanya hasil editan kok ga sekalian hasil efek CGI pak, niat banget jadinya klau sebar berita bohong dan lebih chuakz. Coba kalu bisa bilang itu editan video aslinya mana pak… real time jam yuk biar dibantu netizen,” cuit @dhemit***.

“Dandy kok bisa ya pasang kabel ties sendiri. Yg mengherankan kenapa Polda Metro menyatakan kalau ini video editan,” cuit @tukang***.

 

sumber: solopos.com