Scroll Untuk Baca Berita
Video

Wakili Generasi Muda Indonesia, Sahara Putri Ayu Kenanga Gunawan Sampaikan Ini di 10th World Water Forum

2196
×

Wakili Generasi Muda Indonesia, Sahara Putri Ayu Kenanga Gunawan Sampaikan Ini di 10th World Water Forum

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BALI — Mewakili generasi muda Indonesia, Sahara Putri Ayu Kenanga Gunawan hadiri kegiatan “Youth Pre-Forum 2nd Stakeholder’s Consulation Meeting (SCM), yang merupakan bagian dari rangkaian acara “10th World Water Forum”, di Intercontinental Bali Resort, Jalan Raya Uluwatu Nomor 45, Jimbaran, Badung, Bali. Kamis, (12/10/2023).

Acara “10th World Water Forum,” merupakan kegiatan dari World Water Council yaitu forum lintas batas terbesar di Dunia yang fokus dalam membahas isu-isu air serta mencari solusi global sebagai jawaban atas isu tersebut. Dengan anggota lebih dari 50 Negara di 5 Benua, serta diwakili oleh lebih dari 250 organisasi di sektor yang berbeda dari seluruh Dunia termasuk Indonesia.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang sangat krusial selain energi dan pangan. Ketiganya memiliki dampak yang signifikan terhadap perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA :  Bupati Halmahera Selatan Kenakan Kaos Dalam Saat Pantau Banjir

Menteri PUPR Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono yang menghadiri acara itu, dalam sambutannya mengatakan, pentingnya keterikatan antara air, energi, dan pangan ini akan menjadi salah satu isu penting yang dibahas dalam 10th World Water Forum.

“Saya menyerukan untuk kerjasama internasional dalam pengelolaan sumber daya air, khususnya pada kemitraan publik-swasta yang berhubungan dengan air, pangan, dan energi harus diutamakan di tingkat kebijakan,” ucap Hadi.

Presiden World Water Council (WWC), Loïc Fauchon menyerukan diplomasi air secara berkesinambungan untuk meyakinkan para pemimpin dunia bahwa “Air adalah politik.”

Sahara Putri Ayu Kenanga Gunawan dalam acara “10th World Water Forum,” wakili Young Generation Indonesia.
Foto: Ist

Untuk mengatasi krisis air global, dirinya menyebutkan beberapa langkah prioritas, diantaranya menciptakan keseimbangan baru antara air untuk manusia dan alam, air untuk pertanian dan irigasi, serta pengelolaan sumber daya air terpadu.

Sementara Sahara Putri Ayu Kenanga Gunawan, delegasi yang mewakili Pemuda Indonesia dalam kesempatan di forum bertaraf Internasional tersebut menyampaikan pentingnya jaga kelestarian lingkungan.

“Kita tidak akan pernah sadar untuk menjaga kelestarian lingkungan sebelum tetes air terakhir di bumi habis. Kami mewakili anak muda seluruh dunia memiliki ambisi tinggi. Generasi muda bukanlah persoalan usia tetapi sebuah harapan untuk kehidupan di masa depan. Keterlibatan generasi muda menjadi kunci penting keberhasilan perbaikan lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan kesetaraan dalam hak asasi manusia. (Uchan)