Scroll Untuk Baca Berita
Hukrim

Apresiasi Komitmen Imigrasi, Kejaksaan Tinggi Bali Kabulkan Penangguhan Penahanan HS

1677
×

Apresiasi Komitmen Imigrasi, Kejaksaan Tinggi Bali Kabulkan Penangguhan Penahanan HS

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, DENPASAR — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali mengabulkan permohonan penahanan terhadap tersangka HS, kepala seksi pemeriksaan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai atas dugaan pungutan liar jalur cepat atau fast track imigrasi bandara I Gusti Ngurah Rai yang terjadi beberapa waktu lalu.

Melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati, Putu Agus Eka Sabana Putra di Denpasar mengatakan, penangguhan penahanan terhadap HS, dikabulkan karena adanya jaminan institusional dari Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kepala Kantor Imigrasi Khusus Kelas I TPI Ngurah Rai, terhitung sejak Senin, (27/11 2023).

BACA JUGA :  Jokowi Minta Visa dan Kitas untuk Investor Dipermudah, Kalau Tidak Bisa Ganti Dirjen Sampai Bawahan

Mengingat, jelas Eka, alasan penahanan terhadap tersangka sebagaimana dalam Pasal 21 ayat (1) KUHAP yakni kekhawatiran bahwa tersangka atau terdakwa akan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidana.

“Mempertimbangkan adanya jaminan institusional tersebut bahwa tersangka HS tidak akan melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan mengulangi tindak pidana sebagaimana permohonan penangguhan, terhitung Senin tanggal 27 November 2023 penyidik menangguhkan penahanan terhadap HS,” kata Eka Sabana.

Menurut Eka, penyidik telah mempertimbangkan dengan seksama surat permohonan penangguhan penahanan yang ditandatangani oleh Dirjen Imigrasi tertanggal 21 November 2023 dan surat Kepala Kantor Imigrasi Khusus Kelas I TPI Ngurah Rai yang diajukan dengan alasan untuk kepentingan pemeriksaan internal dan evaluasi.

BACA JUGA :  Penyidik Satreskrim Polres Serang Akhirnya Tetapkan ID Sebagai Tersangka Kasus Tambang Ilegal

Selama dibebaskan dari tahanan, lanjut Eka, tersangka HS diwajibkan melaporkan diri kepada penyidik Kejaksaan Tinggi Bali setiap Senin dan Jumat serta kewajiban lain yang ditentukan oleh penyidik.

Sebelumnya, Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Suhendra meminta penangguhan penahanan terhadap tersangka HS untuk di lakukan pemeriksaan internal serta mengevaluasi kinerja guna melakukan inovasi perbaikan pelayanan lebih baik lagi ke depan, Permohonan penangguhan penahanan yang diajukan pada Rabu (22/11) kepada Kejati Bali akhirnya dikabulkan.

BACA JUGA :  Peringatan Hari Bakti Imigrasi ke 72 Dilaksanakan Virtual di Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan

Kejati Bali mengapresiasi komitmen jajaran kantor imigrasi Khusus Kelas I TPI Ngurah Rai untuk melakukan perbaikan sistem dan tata kelola pelayanan keimigrasian untuk mencegah terulang kembali penyimpangan serupa di masa mendatang. (Uchan)