Scroll Untuk Baca Berita
DaerahTNI & Polri

Bhabinkamtibmas Desa Cau Belayu Amankan Giat Upacara Ngider Bhuwana

357
×

Bhabinkamtibmas Desa Cau Belayu Amankan Giat Upacara Ngider Bhuwana

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, TABANAN —Untuk kelancaran pelaksanaan upacara ngider Bhuwana yang berlangsung di Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bhabinkamtibmas Desa Cau Belayu, Polsek Marga melakukan pengamanan terhadap kegiatan tersebut. Sabtu, (12/8/2023) pukul 15.00 Wita.

Pelaksanaan upacara tersebut bertepatan dengan hari raya Kuningan bagi umat Hindu. Upacara ngider Bhuwana adalah rangkaian upacara dimana menurut kepercayaan agama Hindu, dari Tapakan Ratu Gede dan Ratu Mas Sakti Pura Dalem, Desa Cau Belayu berkeliling wilayah Desa Adat setempat.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Upacara ini digelar untuk memohon keselamatan jagat dan keselamatan bagi umat manusia. Mengusir berbagai marabahaya maupun hal hal yang bersifat negatif di lingkungan Desa setempat. Upacara ngider Bhuwana ini rutin dilakukan setiap 210 hari sekali bertepatan dengan hari raya Kuningan.

BACA JUGA :  Bhabinkamtibmas Desa Gelgel Sambangi Warganya Berikan Himbauan Kamtibmas

Seijin Kapolres Tabanan AKBP. Leo Dedy Defretes, Kapolsek Marga Akp. I Wayan Suta Arcana, mengatakan bahwa,

“Kegiatan pengamanan yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Cau Belayu Aiptu. I Made Darmaika, adalah sebagai bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat di bidang harkamtibmas, dalam hal ini bhabinkamtibmas selaku ujung tombak Polri dalam bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, terlebih lagi dengan adanya kegiatan kemasyarakatan,” Kata wayan Suta.

Kapolsek Marga juga menjelaskan bahwa, “Pelayanan harkamtibmas ini diberikan dimana bhabinkamtibmas melakukan pengawalan dan pengaturan arus lalulintas pada jalur yang dilalui oleh rombongan pemedek/warga masyarakat pengiring yang ikut serta dalam rombongan ngider bhuwana,” jelasnya lagi.

“Selain pelaksanaan pengamanan dengan melakukan pengaturan arus lalu lintas Bhabinkamtibmas yang berkolaborasi dengan pecalang Desa Adat Cau Belayu, dalam kegiatan tersebut tetap memberikan himbauan kamtibmas kepada warga agar berhati-hati saat menyeberang jalan, dan mengutamakan keselamatan dalam setiap kegiatan dalam hal ini upacara ngider Bhuwana. Mari kita semua tetap pertahankan situasi Kamtibmas yang sudah kondusif ini,” tutup Kapolsek. (Amir)