Pendidikan

FK Universitas Udayana Bersama RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah Gelar Seminar Dermoscopy in Daily Clinical Practice

1613
×

FK Universitas Udayana Bersama RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah Gelar Seminar Dermoscopy in Daily Clinical Practice

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, DENPASAR – Departemen Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana bekerjasama dengan RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah mengadakan seminar hybrid di Aula Werkudara RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah, senin (21/8/2023).

Seminar yang mengangkat tema “Dermoscopy in Daily Clinical Practice” mendatangkan pakar Dermoskopi Internasional yaitu Dr. David L. Swanson, MD (USA). Simposium dan Workshop Dermoscopy 2023 ini merupakan serangkaian acara mengenai dasar-dasar dermoskopi dan gambaran dermoskopi pada berbagai penyakit kulit.

BACA JUGA :  LP3M Universitas Udayana Laksanakan Diseminasi Program Studi Terbina SPMI

Pentingnya Ilmu dermoskopi dipelajari dimana penggunaannya dilakukan secara non-invasif dan relatif tidak mahal sehingga deteksi dini kanker kulit dapat dilakukan.

Contohnya untuk mengidentifikasi melanoma, dengan mata telanjang tidaklah akurat namun menggunakan dermoskopi dapat membantu dokter umum dalam melakukan deteksi dini.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Departemen Dermatologi dan Venereolgi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah, Dr. dr. I.G.N. Darmaputra, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV.

Topik pada seminar ini terdiri dari tiga yaitu,
1. Introduction of basic dermoscopy dan Dermoscopy in skin tumour yang dibawakan oleh Dr. David L. Swanson, MD (USA).
2. Dermoscopy in skin inflammation yang dibawakan oleh Dr. dr. Nyoman Suryawati, M.Kes, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV.
3. Dermoscopy in skin Infection oleh Dr. dr. Luh Made Mas Rusyati, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV.

BACA JUGA :  Mahasiswi Fisip Universitas Udayana Toreh Prestasi di Ajang Miss Universe Indonesia Bali 2023

Dry Workshop dengan topik mengenal Dermoscopy dibawakan oleh Dr. David Swanson yang merupakan seorang Profesor di bidang Dermatologi dan Direktur Program Residen di Mayo Clinic Arizona.

BACA JUGA :  Universitas Udayana Sosialisasikan Pembangunan ZI WBK

Simposium dan Workshop Dermoscopy 2023 ini ditujukan bagi dokter umum, mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Dermatologi dan Venereologi, dan para dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan klinis peserta.

Adapun susunan acara kegiatan ini diisi dengan pembukaan, pengisian pre test, pemberian materi symposium dan dry workshop, sesi tanya jawab, pengisian post test, pengumuman doorprize dan diakhiri dengan penutupan. (Uchan)

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3469-Simposium-dan-Workshop-.html