Scroll Untuk Baca Berita
Pendidikan

FKP Universitas Udayana Gandeng Pukyong National University Gelar International Short Course

43
×

FKP Universitas Udayana Gandeng Pukyong National University Gelar International Short Course

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, JIMBARAN — Universitas Udayana (Unud) melalui Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) bekerjasama dengan Pukyong National University, Korea Selatan menyelenggarakan International Short Course dengan tema “The International Bali Marine Science and Cultural Short Course“, dengan 8 mahasiswa dari Pukyong National University dan juga 8 mahasiswa dari Universitas Udayana yang berpartisipasi dalam short course ini sebagai peserta. International Short Course ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik mewakili Rektor Universitas Udayana di Aula Batur Gedung Samudra FKP Unud Kampus Jimbaran, Jumat (19/1/2024).

The International Bali Marine Science and Cultural (IBMC) Short Course akan berlangsung selama 9 hari yakni 19 hingga 27 Januari 2024 dan merupakan implementasi nyata dari Nota Kesepahaman antara Universitas Udayana dan Pukyong National University yang telah ditandatangani kedua belah pihak pada tanggal 22 Juli 2022. Short Course ini dirancang untuk melibatkan peserta internasional dalam program kursus intensif tentang ilmu kelautan dan budaya Bali serta berfokus pada pengembangan pengetahuan ilmiah dan menciptakan pengalaman integratif yang bermanfaat bagi mahasiswa. Sesuai yang tertuang dalam buku panduan program, short course ini memungkinkan mahasiswa untuk memperluas studi mereka ke lingkungan tropis dan melakukan penelitian dengan topik ilmu kelautan di institusi asalnya.

BACA JUGA :  UPT Bahasa Universitas Udayana Jadi Tuan Rumah Workshop Nasional ke 2 Filba 2023

Dekan FKP Unud Prof. I Wayan Nuarsa dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu topik yang sempat dibahas dalam kunjungan ke Pukyong National University pada tahun 2022 adalah bagaimana melaksanakan kegiatan student exchange antara Unud dengan Pukyong. Ide ini kemudian ditindaklanjuti lebih dalam melalui pertemuan daring untuk membahas lebih detail program ini dan saat ini dapat direalisasikan dalam bentuk short course. Melalui kesempatan tersebut Dekan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pukyong atas kontribusinya dalam mensukseskan pelaksanaan short course ini. Terdapat beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam kursus ini diantaranya perkuliahan, observasi lapangan, praktek di laboratorium dan pengenalan budaya.

BACA JUGA :  DPM Universitas Udayana Gelar Dialog Bangkitkan Udayana

Provost of International Affairs Pukyong National University Prof. Hyun Woo Kim menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak FKP yang sudah menyiapkan program ini. Melalui program ini mahasiswa dari kedua universitas akan dapat saling bekerjasama dan saling memahami. Melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dari masing-masing institusi.

“Kita berasal dari dua budaya yang berbeda dan melalui kegiatan ini diharapkan bisa saling memahami. Kata bijak di Korea ‘Jika kita berjalan sendiri kita bisa melaju lebih cepat, namun jika kita berjalan bersama kita bisa melaju lebih jauh‘,” Ujar Prof Hyun Woo Kim.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. I Gede Rai Maya Temaja mengatakan bahwa selama kursus singkat ini peserta akan meneliti tema-tema tertentu dalam kelompok kecil. Kursus ini juga diperkaya dengan praktek laboratorium dan kerja lapangan untuk meningkatkan keterampilan analisis peserta. Selain melakukan kegiatan ilmiah di bidang ilmu kelautan, peserta juga akan diperkenalkan dengan budaya Bali. Dengan semua aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan ini diharapkan peserta mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Melalui kesempatan tersebut Wakil Rektor juga menyampaikan ucapan terima kasih atas jalinan kerjasama dari kedua universitas. (Uchan)

BACA JUGA :  FMIPA Universitas Udayana Beri Pelatihan Anak SOS Village Buat Sabun dan Krim dari Lamun

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6244-Fakultas-Kelautan-Perikanan-Universitas-Udayana-Kerjasama-dengan-Pukyong-National-University-Korea-Selatan-Gelar-Short-Course.html