Scroll Untuk Baca Berita
Daerah

Hari Lahir Koperasi ke 76 Dinas KUKM dan Perindag Bungo Gelar Berbagai Kegiatan, Wabup Hadiri Pembukaan

510
×

Hari Lahir Koperasi ke 76 Dinas KUKM dan Perindag Bungo Gelar Berbagai Kegiatan, Wabup Hadiri Pembukaan

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BUNGO – Hari Lahir Koperasi diperingati secara nasional di seluruh Indonesia. Sebagai sarana yang memupuk gorong royong dan kekeluargaan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, maka koperasi menjadi faktor pendukung yang diharapkan masyarakat untuk membantu ekonomi masyarakat.

Dilihat dari sejarah berdirinya koperasi yang dimotori oleh Mohammad Hatta Wakil Presiden RI yang pertama yang dinadikan sebagai Bapak Koperasi Indonesia, dirinya mendirikan koperasi melihat taraf kehidupan masyaramat Indonesia yang begitu memprihatinkan sehingga mencari cara untuk membantu ekonomi masyarakat dengan membentuk koperasi dengan prinsip semagat gotong royong dan kekeluargaan.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Berangkat dari berdirinya koperasi tersebut maka perlu dilakukan peringatan yang mana di Indonesia Koperasi di bawah naungan atau binaan Dinas KUKM Perindag untuk tingkat Kabupaten.

Seperti halnya di Kabupaten Bungo maka Dinas KUKM dan Perindag dilakukan peringatan Hari Lahir Koperasi ke-76 dengan berbagai kegiatan dan pemberian penghargaan yang diselenggarakan di halaman Kantor Dinas KUKM Perindag Kabupaten Bungo, Kamis (27/07).

Dikatakan oleh Ketua Panitia kegiatan bahwa pada tahun ini Tema Peringatan Hari Koperasi ke-76 tahun 2023 ini adalah kemajuan koperasi kunci kesejahteraan masyarakat dengan tagline bangga berkoperasi di Indonesia maju.

Ir Supriadi selaku Kepala Dinas KUKM Perindag Kabupaten Bungo dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini memperingati Hari Koperasi ke-76, dimana koperasi merupakan salah satu tulang punggung ekonomi bangsa, oleh sebab itu kepada pengurus koperasi mengucapkan terimakasih atas segala upaya dan daya yang dilakukan sehingga dapat mensejahterakan anggotanya.

“Koperasi aktif yang ada di kabupaten bungo ini sebanyak 192, dimana lebih dari 40 adalah koperasi sehat, kemudian hari ini kita juga akan memberikan penghargaan kepada koperasi yang berprestasi,” kata Supriyadi.

Adapun rangkaian peringatan hari koperasi ini diawali kemarin pada tanggal 17 Juli kita melaksanakan upacara bersama di lapangan kantor bupati kemudian kami melakukan kami melakukan penilaian terhadap koperasi koperasi yang sehat dan berprestasi dan hari ini akan kita berikan penghargaan kepada koperasi yang berprestasi, selanjutnya ada juga fashion show dari sekolah dan juga dari OPD yang bertujuan memperkenalkan dan mengembangkan dan mengetahui lebih dalam tentang batik Bungo,”jelasnya.

BACA JUGA :  Satgas TMMD Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SD 57/II Talang Silungko

Pada hari ini juga kami hadirkan karya karya dari pelaku usaha kita yakni batik dan cukup yang diperlihatkan dan bagi yang berminat untuk memperoleh nya atau membuat kerjasama kontrak kerja dengan pelaku usaha batik ini untuk rangkaian kerjanya,”papar Supriyadi.

Dalam kesempatan itu juga Ir Supriadi juga mengucapkan terimakasih kepada para koperasi dan kemudian bank Jambi, bank syariah, pemerintah kabupaten Bungo, Bulog, BPJS, kemudian halim agro, Oppo, independen hotel dan lainnya yang telah mendukung terselenggaranya acara ini.

Kemudian Ir Supriadi juga melaporkan kepada Wakil Bupati untuk meluncurkan kami juga telah berkerja sama dengan bapeda dalam tahap pemetaan dan nantinya akan keluar sebuah data lokasi lokasi UMKM dan produk produk unggulannya, kami juga memohon kepada pak Wakil Bupati untuk memberikan arahan kepada pelaku usaha dan koperasi demi kemajuan ekonomi kabupaten Bungo,”tutup Kadis KUKM Perindag kabupaten bungo Ir Supriadi.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati H Safrudin Dwi Apriyanto S pd MM dalam arahannya mengatakan pada kesempatan pagi hari ini dapat hadir bersama dalam kegiatan gebyar koperasi dalam rangka peringatan hari ulang tahun koperasi yang ke-76 tahun 2023.

“Tentu kita berharap ke depan koperasi tetap tumbuh berkembang untuk menggerakkan ekonomi Indonesia ini,” kata Wabup.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Bungo kami ingin menyampaikan ucapan selamat hari koperasi yang ke-76. Kita semua berharap juga berdoa mudah-mudahan koperasi ke depan tetap maju tumbuh berkembang dan juga berkontribusi untuk menggerakkan kegiatan ekonomi kita di Indonesia ini,”papar Wabup.

BACA JUGA :  Pria Paruh Baya Bawa Sabu 500 Gram Diringkus Polres Bungo

Kemudian kalau kita sejarah kita juga patut berbangga kalau bicara soal koperasi ini dulu kita di Bungo ini pernah menjadi tuan rumah peringatan Hari Koperasi Nasional yang dihadiri Presiden Soeharto tahun 1986 di Dusun Purwosari. Itu artinya koperasi di Bungo di Jambi juga diakui di tingkat nasional,”imbuhnya lagi.

Kami juga perlu menyampaikan ucapan selamat juga apresiasi dan penghargaan buat koperasi yang berprestasi mudah-mudahan menjadi motivasi juga inspirasi buat koperasi-koperasi yang lainnya.

Di saat ada juga ungkapan yang sering kita dengar koperasi ini kadang-kadang Layu sebelum berkembang ternyata ada juga yang maju berprestasi dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh buat kita semuanya. Untuk diketahui bahwa koperasi kita ini tidak sama dengan CV dan tidak sama dengan PT, koperasi ini lahir dari rahim bangsa Indonesia yang berlandaskan semangat kegotong-royongan kalau dulu masyarakat rakyat tidak punya otoritas kewenangan yang besar untuk menggerakkan ekonomi karena dikuasai oleh para pemilik modal itulah ekonomi kapitalis sehingga muncul gagasan ide bagaimana agar masyarakat berperan penting sehingga lahirlah gerakan koperasi di Indonesia.

Berdasarkan semangat ke gotong royongan ingin maju bersama ingin sejahtera bersama ini juga masyarakay bersama itulah semangat koperasi yang seru terus kita kembangkan ke depan.

Kita tahun ini adalah membangun koperasi berbasis kearifan lokal menuju ekonomi gotong royong yang mandiri modern dan berdigital kata terakhir itu yang perlu kita ketahui ada tiga subtema di dalamnya yang pertama adalah koperasi sebagai pilar kekuatan ekonomi di era ekonomi digital yang kedua adalah peran generasi muda hadapi fenomena ekonomi milenial yang ketiga adalah revitalisasi koperasi sebagai solusi mengatasi masalah pengangguran juga kemiskinan pesan pentingnya,”jelas Wabup lagi.

BACA JUGA :  Bupati Bungo H. Mashuri Pimpin Rapat Persiapan Ombudsman

Para pengurus koperasi yang hadir pada kesempatan hari ini koperasi ke depan harus juga menyesuaikan dengan tanaman kita hari ini sering ada ungkapan yang menyampaikan bahwa di era sekarang ini yang akan memenangkan kompetisi bukan yang besar juga bukan yang kuat tetapi yang akan memenangkan adalah yang adaptif terhadap perubahan terutama menyesuaikan dengan kondisi hari ini. Tadi disampaikan di awal tema kita ada kata-kata digital harapannya koperasi kita ke depan juga mengembangkan digitalisasi dalam teknis di lapangan misalkan orang belanja sudah bisa online kemudian pembayaran juga sudah pakai aplikasi Kriss dan lain sebagainya sehingga memudahkan masyarakat yang berinteraksi dan koperasi kemudian yang kedua juga tadi ada kata kearifan lokal di bungo ini nomor terutama kita adalah kelapa sawit pemerintah mengharapkan ke depan koperasi ini juga sudah bisa mengembangkan apa yang di maksud dengan hilirisasi produk. Seperti salah satunya koperasi di Dusun Karya Harapan Mukti berapa kali Bapak Gubernur Jambi juga menyampaikan pesan kepada kami atas nama pemerintah kabupaten Bungo agar itu dijadikan sebagai contoh buat koperasi yang lain kuncinya adalah SDM yang berkarakter punya mains positif dan jujur yang ketiga adalah pengelolaannya dengan manajemen yang baik,”tambah Wabup.

Kita yakin bapak sekalian dengan pembinaan dari dinas koperasi kita ke depan insyaallah kita berharap seluruh koperasi di Bungo yang sekarang masih belum maju bisa maju yang sudah maju terus bisa berkembang untuk memberikan manfaat besar buat seluruh anggotanya,”pungkas Wabup sambil memotong kue tumpeng sebagai tanda diperingatinya Hari Koperasi di Kabupaten Bungo. (is)