Peristiwa

Kebakaran Sampah di TPA Mandung Tabanan, 5 Unit Damkar Dikerahkan 

1490
×

Kebakaran Sampah di TPA Mandung Tabanan, 5 Unit Damkar Dikerahkan 

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, TABANAN —Kebakaran sampah tidak hanya terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung di Kota Denpasar, kebakaran juga melanda TPA Mandung yang berlokasi di Banjar Mandung, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Sabtu, (14/10/2023) sekira pukul 02.30 Wita.

Setelah adanya informasi kebakaran, sebanyak 3 unit kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tabanan dan 2 unit Damkar Kabupaten Badung  langsung bergerak cepat memadamkan api.

Advertisement

“Selain 3 unit kendaraan Damkar kabupaten Tabanan, 2 unit kendaraan pemadam kebakaran juga datang dari Kabupaten Badung, sehingga ada 5 unit kendaraan yang beroperasi melakukan pemadaman,” kata I Wayan Suakta, Kabid PMK Kabupaten Tabanan saat dikonfirmasi Sabtu, (14/10/2023) Sore.

Kebakaran TPA Mandung , Tabanan.
Foto: Ist

Kabid Damkar Kabupaten Tabanan, I Wayan Suakta juga menjelaskan bahwa,

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, dan perkiraan pemicu terjadinya kebakaran karena dampak fenomena El Nino, iklim yang dapat menyebabkan kemarau panjang dan berbuntut pada cuaca ekstrem. Musim kemarau yang berkepanjangan ini menyebabkan gas yang ada di bawah tumpukan sampah menimbulkan percikan api dari bawah tumpukan sampah,” jelasnya.

“Sampai dengan saat ini tim kami berusaha melakukan pemadaman terhadap kebakaran yang terjadi, karena areal yang dilakukan pemadaman cukup luas dan tumpukan sampah yang cukup tinggi, Kendaraan damkar harus ekstra hati-hati melakukan penyemprotan, saat memasuki areal lokasi sampah yang terbakar,” tutup Kabid Damkar.

Berdasarkan pemantauan di lokasi kejadian, tumpukan sampah menggunung dan cepat terbakar, karena panas matahari dan hembusan angin. Dari kejadian tersebut, Bupati Tabanan Dr Komang Gede Sanjaya, turun langsung melakukan pemantauan. (Amir)

BACA JUGA :  Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kota Bitung Gagalkan Peredaran Ribuan Butir Obat Keras Jenis Trihex

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *