by

Puskesmas Majenang 1 Gelar Pertemuan Lintas Sektoral Bidang Kesehatan

-Daerah-542 views

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP- Bertempat di salah satu Rumah Makan Puskesmas Majenang 1 Kecamatan Majenang menggelar pertemuan lintas sektoral membahas bidang kesehatan.

Pertemuan lintas sektiral tersebut dihadiri Camat Majenang Iskandar Zulkarnain, S.STP, M.Si, perwakilan Koramil, Polsek Majenang, para kepala desa wilayah kerja Puskesmas Majenang 1, dan beberapa dinas instansi.

Kepala Puskesmas Majenang 1: Sri Wahyuni, S.K.M

Kepala Puskesmas Majenang 1, Sri Wahyuni, S.K.M memberikan paparan terkait keguatan dan capaian kinerja Puskesmas Majenang 1.

Puskesmas Majenang 1, siap menampung kritik dan saran Puskesmas, dengan menggunakan beberapa Media Sosial (Medsos) baik melalui IG, WA, dan Email, hal tersebut dikatakan Sri Wahyuni, Rabu (16/12/2020).

Sri Wahyuni juga mengatakan, bahwa Puskesmas Majenang 1 sesuai dengan Perbup Cilacap No.440/506/16/Tahun 2020 tentang penetapan kategori Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) unit pelaksanaan teknis daerah Pusat Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Cilacap, status Puskesmas Majenang 1 adalah Puskesmas BLUD, kata dia.

Wilayah kerja UPTD Puskesmas Majenang 1 meliputi 9 desa di Kecamatan Majenag, yakni Desa Mulyadadi, Mulyasari, Padangsari, Pengadegan, Cilopadang, Padangjaya, Sindangsari, Boja dan Desa Ujung Barang.

Peserta Pertemuan Lintas Sektoral Bidang Kesehatan

Dalam paparanya, Sri Wahyuni juga menyampaikan beberapa fasilitas pelayanan yang ada di UPTD Puskesmas Majenang 1, antara lain ruang pendaftaran, mesin antrian 3 nomor, monitor antrian, sementara untuk kartu kontrol menggunakan Barcode.

“Ada juga monitor pelayanan, sumur Bor, dan Banner elektrik. ” Kata Sri Wahyuni.

Di Puskesmas Majenang 1 juga sudah melakukan beberapa inovasi yang sudah dilakukan, seperti Sistem Pendaftaran Cepat 3 Antrian (Sipitaloka), Dokter Posbidu Keliling (Dokpoling), dan Generasi Peduli Gizi (Genzi).

Daftar sepuluh besar penyakit yang ditangani oleh Puskesmas Majenang 1 juga disampaikan saat papaparn oleh Kepala Puskesmas, yakni Hipertensi esensial sebanyak 1289, ISPA 1069, Cephalgia/Headche/sakit kepala sebanyak 895, dan beberapa penyakit lainya yang ditabgani oleh Puskesmas Majenang 1.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Oleh Puskesmas Majenang 1 Di Tempat Pengungsian Korban Banjir

Terkait kejadian banjir yang sering terjadi dalam saat ini, Pusekesmas Majenang 1 juga sudah berupaya melakukan penanganan bersama desa yang terkena banjir dan lintas sektor, memberikan bantuan pengobatan gratis di beberapa Posko kesehatan tempat pengungsian, pungkas Sri Wahyuni.

Sementara itu, Camat Majenang Iskandar Zulkarnain memberikan apresiasi atas capaian yang diraih oleh Puskesmas Majenang 1, “saya mengapresiasi kepada Puskesmas Majenang 1, terutama dalam penanganan kasus Covid-19 yang beberapa bulan lalu Majenang begitu banyak yang terkonfirmasi positif, ” ujarnya.

Dengan diadakanya pertemuan lintas sekoral ini dibidan kesehatan semua pihak akan saling mendukung manakala terjadi kejadian yang luar biasa, seoperti Covid-19, dan bencana banjir yang sering terjadi di Majenang.

“Masyarakat Majenang harus senantiasa menjaga kesehatan apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini, ditambah lagi dengan musibah banjir yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Majenang, semuanya harus kompak dalam menangani masalah yang ada. ” pungkas Iskandar. (Junaedi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed