by

Untuk Optimalisasi Pemeliharaan Jalan, UPTD Majenang Bentuk Tim Reaksi Cepat

-Daerah-1,357 views

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP- Dikatakan Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan Majenang Indra Krisdiyanto ST. M.Eng, DPUPR mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Dinas di bidang teknis operasional pelayanan pengelolaan jalan mulai dari perbaikan jalan, pengawasan jalan hingga pemeliharaan jalan secara rutin/berkala dan berkesinambungan, hal tersebut dikatakanya saat Lounchin dan paparan di hadapan Kepala Dinas PUPR Cilacap, beberapa waktu yang lalu.

Tim Reaksi Cepat
Tim Reaksi Cepat UPTD Pemeliharaan Jalan Majenang

Pelaksanaan kegiatan tersebut tentu saja membutuhkan sumber daya manusia, waktu dan biaya yang tidak sedikit. Solusi yang paling tepat yaitu dengan melibatkan partisipasi dari masyarakat. dengan menerapkan layanan penerimaan aduan dari masyarakat sebagai bagian dari kegiatan pemeliharaan jalan, tambah Indra

Layanan aduan kerusakan jalan di Kabupaten Cilacap sudah tersedia melalui berbagai media sosial diantaranya melalui twitter : @binamarga_clp, Instagram : @binamarga_clp, Facebook : DPUPR Kab. Cilacap yang dikelola oleh Admin di Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Cilacap.

Lebih jauh dikatakan Indra, UPTD dalam menindaklanjuti aduan/laporan masyarakat tentang kerusakan jalan masih sering terlambat hal di karenakan jumlah sumber daya manusia (SDM) dan peralatan kerja di UPTD Pemeliharaan Jalan sangat terbatas, serta lamanya dalam mengolah material campuran beraspal panas/dingin hingga siap digunakan di lapangan. Sehingga diperlukan suatu terobosan inovasi dalam berbagai keterbatasan sehingga menghasilkan output kegiatan pemeliharaan jalan yang maksimal utamanya tindaklanjut aduan/laporan kerusakan jalan.

Beberapa terobosan dapat dilaksanakan antara lain : membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanganan Kerusakan Jalan dalam rangka menindaklanjuti aduan/laporan masyarakat tentang kerusakan jalan sebagai bagian dari kegiatan Pemeliharaan Jalan Kabupaten di Wilayah UPTD Pemeliharaan Jalan Majenang.

Tim Reaksi Cepat
Tim Reaksi Cepat UPTD Pemeliharaan Jalan Saat Lounching dan Paparan Dihadapan Kepala Dinas PUPR Cilacap

“Tim Reaksi Cepat” ini akan bisa efektif/cepat dalam bekerja jika menggunakan teknologi bahan campuran beraspal yang relatif sederhana dan dapat dilaksanakan oleh jumlah pekerja dan peralatan yang terbatas serta efisien.

Untuk saat ini Teknologi Bahan material yang bisa di gunakan dengan mudah dan cepat adalah Asbuton Jenis Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) yang merupakan salah satu material lokal yang membanggakan Indonesia.

Asbuton CPHMA dapat diaplikasikan langsung di lapangan dengan dihampar pada suhu lapangan (cold paving) tanpa menggunakan alat mekanis. Sehingga nilai dasar organisasi DPUPR Kab. Cilacap yaitu “Bekerja Keras, Bergerak Cepat dan Bertindak Tepat” dapat terwujud.

Hal ini sejalan dengan “Rencana Aksi Perubahan” yang dilaksanakan oleh Ka.UPTD Pemel. Majenang dalam pelaksanaan Diklat PKP (Pelatihan Kepemimpinan Pengawas) dengan mengambil Rencana Aksi “Optimalisasi Pemeliharaan Ruas Jalan Kabupaten Menggunakan Material Aspal Buton (CPHMA) di UPTD Pemeliharaan Jalan Majenang ”.

Tim Reaksi Cepat ini dalam melaksanakan tugasnya dibatasi oleh Tupoksi UPTD Pemeliharaan Jalan yaitu pemeliharaan jalan pada jalan dengan kondisi baik hingga sedang (jalan berlubang) yang telah masuk dalam program pemeliharaan jalan atau kerusakan jalan sampai dengan 11% (sesuai Permen PU N0. 13/PRT/M/2011).

Tim ini juga diharapkan mampu membantu menjaga kondisi ruas jalan dalam kondisi baik sehingga target peningkatan 2% pertahun jalan dengan kondisi baik dapat tercapai sesuai dengan tujuan dan sasaran jangka menengah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cilacap, pungkas Indra.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cilacap Ir Alexander Ristiyanto MT saat ditanya mengenai terobosan yang dilakukan oleh UPTD Majenang, dia mengatakan bahwa pihakya akan melakukan evaluasi dan monitorong, kata Ristiyanto.

“Apabila tim reaksi cepat UPTD Pemeliharaan Jalan Majenang dinilai dapat melaksanakan tugasnya dengan baik maka akan kami bentuk Tim Reaksi Cepat di UPTD yang lainya, ” jelas Ristiyanto, Jumat (23/10/2020).

Harapan saya selaku Kepala Dinas kegiatan ini juga diharapkan terus berkelanjutan tidak hanya terpaku pada saat Diklat Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) saja, “saya sangat berharap ada inovasi-inovasi lain yang dapat diterapkam di Dinas PUPR, ” pungkas Ristiyanto. (Junaedi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed