Scroll Untuk Baca Berita
Daerah

Gerak Cepat, Kadis PUPR Padang Pariaman El Abdes Tinjau Kondisi Jalan Amblas di Korong Kayu Mudo Padang Alai

631
×

Gerak Cepat, Kadis PUPR Padang Pariaman El Abdes Tinjau Kondisi Jalan Amblas di Korong Kayu Mudo Padang Alai

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, SUMBAR – Kepala dinas PUPR kabupaten Padang Pariaman El Abdes beserta rombongan melihat secara langsung kondisi jalan yang amblas akibat longsor di Korong Kayu Mudo, Nagari Gunuang Padang Alai, kecamatan V Koto Timur, Padang Pariaman Sabtu (11/3/2023).

Pak El Abdes saat dihubungi awak media melalui Whatshap pribadinya menjelaskan bahwa selain curah hujan yang tinggi jalan itu amblas karena kondisi tanah yang labil, terlebih kondisi jalan itu berada di lereng bukit, karena tebingnya mengalami longsor akhirnya beberapa meter badan jalan tersebut amblas kedalam jurang.

“Sampai saat ini jalan yang amblas tersebut belum bisa dilewati masyarakat, terutama masyarakat yang menggunakan kendaraan,”ujar kadis.

Lanjutnya menanggapi dengan adanya kejadian amblasnya badan jalan ini tentu pemerintah kabupaten Padang Pariaman melalui dinas PUPR akan segera dan secepatnya memperbaiki jalan tersebut, karena jalan ini merupakan kewenangan dan tanggung jawabnya berada di pemerintah kabupaten Padang pariaman dan juga jalan yang amblas ini merupakan jalan penghubung antar kabupaten dan kota.

“Kita tangani secepatnya,….mengingat jalan ini juga merupakan jalan sentral perekonomian masyarakat,”ucap El abdes.

Ia juga menambahkan kita yakin perbaikan jalan ini bisa dilaksakan secepatnya oleh pemerintah, dengan menggunakan dana tanggap darurat, yang telah tersedia di pos anggaran belanja tak terduga(BTT) tetapi perlu juga untuk diketahui bersama bahwa dana dari anggaran BTT tersebut tidak boleh digunakan untuk ganti rugi lahan termasuk pohon tanaman yang ada di dalam tanah itu.

“Nah untuk itu mari kita bersama-sama membantu pemerintah terutama dalam pembebasan lahan guna untuk memperlebar badan jalan tersebut dari sebelumnya, sehingga jalan ini secepatnya dapat dimamfaatkan oleh masyarakat,”kata kadis.

Menanggapi hal tersebut anggota DPRD kabupaten Padang pariaman dari fraksi Golkar Syafrizal A saat dihubungi awak media melalui Whatshap pribadinya juga menyampaikan memang untuk perbaikan jalan tersebut secara aturan yang berlaku kita dapat menggunakan anggaran BTT.

BACA JUGA :  Kapolda Dampingi kunker Presiden RI di Sumatera Utara

Namun demikian disini juga diperlukan peran serta masyarakat terutama dalam pembebasan lahan karena dalam perbaikannya nanti badan jalan tersebut Volumenya harus diperbesar, seperti lebarnya tentu harus lebih dari sebelumnya.

“Untuk itu diharapkan kepada masyarakat pemilik tanah disekitar amblasnya jalan ini untuk dapat secara sukarela memberikan tanahnya,”ucap Dewan.

“Kami sebagai wakil rakyat, bersama-sama dengan pemerintah kabupaten Padang Pariaman akan segera mengupayakan perbaikan, sehingga secepatnya jalan ini bisa dilalui oleh kendaraan baik roda empat maupun roda dua, mengingat jalan ini adalah jalan penghubung antara kota pariaman, Padang pariaman dan kabupaten Agam,”tutup Syafrizal.

BACA JUGA :  Fakultas Hukum Unud Hadiri 1st Journal Of Central Banking Law Institutions International Conference and Call Of Papers

Terlihat hadir saat kadis PUPR melihat secara langsung kondisi jalan tersebut, Ketua DPRD Padang Pariaman H,Irwansyah, anggota DPRD Padang Pariaman Rusli Umar dan tokoh-tokoh masyarakat beserta masyarakat Nagari Gunung Padang Alai.(rd).