Scroll Untuk Baca Berita
Pendidikan

JUPI Universitas Udayana Beri Pendampingan Pengelola Jurnal Bereputasi Global

210
×

JUPI Universitas Udayana Beri Pendampingan Pengelola Jurnal Bereputasi Global

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, DENPASAR —Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) Universitas Udayana (Unud) selenggarakan kegiatan Pengembangan Jurnal Menuju Bereputasi Global, di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar. Senin, (27/11/2023).

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unud dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Muji Setiyo, ST.,MT (Universitas Muhammadiyah Magelang), dipandu moderator Made Widya Jayantari. Sementara materi yang disampaikan tentang Strategi Peningkatan Peringkat Akreditasi Nasional, Strategi Indeksasi Internasional serta Pendampingan Pendaftaran ke Arjuna dan Indeksasi Internasional.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Ketua Unit JUPI Gusti Ayu Putu Candra Dharmayanti, dalam laporannya mengatakan ada 10 Universitas yang diundang mengikuti kegiatan ini terdiri dari Politeknik Negeri Bali, ISI Denpasar, Universitas Mahasaraswati, Undiknas, Universitas Warmadewa, Universitas Ngurah Rai, Universitas Mahendradatta, UNHI, Universitas Dwijendra, dan UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dengan total peserta berjumlah 60 orang.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pendampingan yang diberikan oleh JUPI. Ini adalah kegiatan ketiga, di mana dalam satu tahun JUPI melaksanakan tiga kali pelatihan dan pendampingan yang bertujuan memberikan penyegaran dan pelatihan bagi pengelola jurnal,” ujar Ketua JUPI.

Ditambahkan bahwa aturan dari akreditasi jurnal bersifat dinamis, dan tentunya pasti ada perubahan, untuk itu narasumber diharapkan dapat memberikan strategi-strategi bagaimana shortcut agar pengelola bisa lebih gesit lagi dalam menaikkan peringkat, begitu juga untuk peluang indeksasi global atau internasional.

Saat ini jurnal Unud yang sudah terakreditasi dengan peringkat SINTA 1 sebanyak 2 jurnal, SINTA 2 sebanyak 11 jurnal, SINTA 3 sebanyak 27 jurnal, SINTA 4 sebanyak 33 jurnal, SINTA 5 sebanyak 20 jurnal dan SINTA 6 sebanyak 1 jurnal. Untuk indeksasi global, DOAJ sebanyak 39 jurnal, Web of Science sebanyak 3 jurnal dan Scopus 2 jurnal.

Tahun ini 5 pengelola jurnal sudah melakukan mendaftar ke Scopus, meskipun tiga ditolak nanti akan diperbaiki dan dua lagi masih berproses. Dalam kegiatan ini juga terdapat beberapa jurnal yang siap diorbitkan ke Scopus. Pihaknya berharap kegiatan ini bermanfaat bagi para pengelola jurnal di lingkungan unit kerja masing-masing.

Sementara Wakil Rektor Prof. I Gede Rai Maya Temaja dalam membuka acara ini menyampaikan, akreditasi jurnal adalah pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal ilmiah dengan penilaian melalui kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan jurnal. Peringkat akreditasi menunjukkan kualitas dari suatu jurnal. Pihaknya mengapresiasi serta mendukung prakarsa tim JUPI untuk terus meningkatkan peringkat jurnal-jurnal di Unud, mendampingi penyiapan beberapa jurnal yang sudah memasuki masa reakreditasi dan beberapa jurnal baru (yang belum terakreditasi) perlu mempersiapkan diri untuk mengajukan akreditasi SINTA.

Untuk meningkatkan peringkat atau grade jurnal, diadakan acara Pengembangan Unud Journals menuju Bereputasi Global, dengan tujuan untuk memberikan strategi bagi pengelola jurnal dalam meningkatkan kualitas tata kelolanya menuju jurnal yang mampu terindeksasi Internasional.

“Dari kegiatan ini kami berharap pengelola jurnal semakin bersemangat sehingga pada tahun mendatang, lebih banyak jurnal di Unud yang terindeksasi global. Di samping itu juga jurnal yang belum terakreditasi segera terakreditasi, dan jurnal yang sedang melakukan reakreditasi naik peringkat SINTA nya,” ujar Prof Rai. (Uchan)

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6141-JUPI-Universitas-Udayana-Beri-Pendampingan-Bagi-Pengelola-Jurnal-Menuju-Bereputasi-Global.html

BACA JUGA :  Dirgahayu PGRI ke 77 dan HGN Kecamatan Carenang Adakan Jalan Sehat