Scroll Untuk Baca Berita
Pendidikan

LPPM Universitas Udayana Laksanakan Giat Sosialiasi PPBR

1661
×

LPPM Universitas Udayana Laksanakan Giat Sosialiasi PPBR

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, DENPASAR
Inkubator Bisnis (Inbis) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR) serangkaian Dies Natalis Universitas Udayana yang ke 61 dengan tema “Pembentukan Startup dalam rangka Percepatan Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Riset Perguruan Tinggi”. Senin, (28/8/2023) di Aula Lantai 3 Gedung Pascasarjana Universitas Udayana, Kampus Sudirman, Denpasar. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari perwakilan dosen masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Udayana serta startup dan UMKM binaan Inkubator Bisnis LPPM Universitas Udayana.

BACA JUGA :  Mahasiswa FH Unud Berhasil Daftarkan Tari Pendet Memendak Sebagai Ekspresi Budaya Tradisional Bali

Sosialisasi ini dimulai dengan sambutan dan pembukaan oleh Ketua Inkubator Bisnis LPPM Universitas Udayana yaitu Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed. Dalam sambutannya disampaikan bahwa saat ini inkubator bisnis Universitas Udayana sedang melakukan hilirisasi produk-produk invensi/hasil-hasil riset menjadi produk yang bernilai komersial. Produk atau teknologi yang dikomersialisasikan tentu diharapkan dapat memberikan solusi untuk masalah nyata serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Salah satu program untuk mendukung proses komersialisasi hasil riset dosen adalah Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR). PPBR merupakan pembiayaan untuk calon perusahaan startup / rintisan berbasis hasil riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) agar siap untuk menjadi perusahaan pemula yang mendatangkan keuntungan (profitable) dan berkelanjutan (sustainable). Pada kesempatan ini pihaknya juga menyampaikan harapannya agar semakin banyak dosen-dosen berminat untuk mengajukan proposal PPBR sehingga akan semakin banyak hasil riset dosen di lingkungan Universitas Udayana bisa dihilirisasi.

BACA JUGA :  Fakultas Pertanian Universitas Udayana Gelar Seminar Nasional Biosains dan Bioteknologi 2023

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan sesi inti yaitu pemaparan materi dari narasumber yaitu Dr. Ferry Rahmadhan, S.T., M.Si selaku Koordinator Fungsi Inkubasi PPBR Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pemaparan materi dipandu oleh moderator S.P.,M.P selaku Dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

BACA JUGA :  Aktifis Muda Soroti Sarana Pendidikan di Kabupaten Tangerang yang Kurang Layak

Dalam pemaparannya narasumber menyampaikan tentang pedoman program Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR), mekanisme/alur pendanaan, persyaratan pengusul, ketentuan pendanaan, panduan penggunaan anggaran pendanaan RIIM-PPBR, format proposal, serta petunjuk penggunaan sistem informasi call for proposal (CFP). Acara berlangsung dengan lancar dan peserta berpartisipasi aktif dalam diskusi. (Uchan)

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita5866-Inkubator-Bisnis-LPPM-Universitas-Udayana-Gelar-Sosialisasi-Perusahaan-Pemula-Berbasis-Riset-PPBR-.html