DaerahNasional

PT BIBU Panji Sakti Jalin Kerjasama Dengan Universitas Udayana

2291
×

PT BIBU Panji Sakti Jalin Kerjasama Dengan Universitas Udayana

Sebarkan artikel ini

NASIONALXPOS.CO.ID, BADUNG -Universitas Udayana (UNUD) sepakat untuk mendukung pembangunan bandara di pesisir Bali Utara yang diinisiasi oleh PT BIBU Panji Sakti. Kesepakatan itu dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Rektor UNUD Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M. Eng., IPU dan Dirut PT BIBU Panji Sakti Ir. Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo, berlangsung di Kampus Bukit UNUD, Jimbaran, Kamis (20/10/2022).

Acara penandatanganan nota kesepahaman ini, juga disaksikan oleh sejumlah penglingsir Puri Agung di Bali atau juga dikenal sebagai para Raja di Bali, yaitu, Penglingsir Puri Blahbatuh Gianyar, Penglingsir Puri Anom Tabanan, Manggala Puri Agung Karang Asem, Penglingsir Puri Kerambitan Tabanan, dan Penglingsir Puri Agung Singaraja.

BACA JUGA :  Tingkatkan Fasilitas Air Bersih di Desa Pelaga, Prodi Teknik Mesin Universitas Udayana Serahkan Pompa Hydram

Tampak juga hadir anggota Kelompok Ahli Gubernur Bali, seperti, Dr. Tunik Sakabawa Landra, S.H., M.Hum dan Prof. Dr. I Nyoman Sudiana.

“Ini merupakan bentuk kontribusi dari Universitas Udayana terhadap program yang mengedepankan pembangunan peradaban dan perekonomian baru khususnya di Kubutambahan Bali Utara, yang berdampak terhadap pembangunan di Bali pada umumnya,’’ Ucap Gede Antara.

Kerjasama ini, kata Gede Antara, juga merupakan perwujudan dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Gede Antara juga mengungkapkan bahwa, UNUD memiliki banyak ahli dan pakar di berbagai bidang ilmu yang dibutuhkan PT BIBU, dalam membangun bandara internasional di pesisir Kubu Tambahan, Kabupaten Buleleng, Bali Utara.

“Kami dari UNUD sangat siap untuk terlibat dan bekerjasama dengan PT BIBU,’’ Ucapnya.

Dirut PT BIBU Panji Sakti Iwan Erwanto, begitu ia biasa dipanggil, mengungkapkan kegembiraannya atas kerjasama dengan UNUD.

“Kita tahu bahwa UNUD merupakan perguruan tinggi yang memiliki reputasi akademik yang tinggi dan prestisius, serta menjadi kebanggaan masyarakat Bali. Artinya, UNUD meyakini bahwa pembangunan bandara internasional di pesisir Kubutambahan ini memang memiliki kelayakan untuk didukung,” ujar Iwan.

Menurutnya, penandatangan nota kesepahaman ini adalah awal dari pelaksanaan program kedepan yang akan segera ditindaklanjuti, dengan merumuskan rencana aksi bersama – sebagai pengejawantahan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

BACA JUGA :  Kota Manado Dikepung Banjir dan Tanah Longsor, Aparat Kepolisian Lakukan Evakuasi

Ketertarikan PT BIBU untuk bekerjasama dengan Universitas Udayana tidak lepas dari, keragaman fakultas dan program studi yang dimiliki. Hal tersebut juga didukung dengan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi. Melalui kerjasama ini, diharapkan nantinya dapat mewujudkan pembangunan bandara yang berlandaskan kearifan lokal.

“Bandara di Bali Utara yang kami rancang, mengutamakan 3 R yaitu, Ramah Budaya, Ramah Lingkungan, dan Ramah Teknologi,” Lanjutnya lagi.

Sementara itu, Penglingsir Puri Agung Blahbatu Gianyar, A. A. Ngurah Kakarsana mengatakan,

“Rencana pembangunan bandara internasional di Bali utara yang sudah dipaparkan PT BIBU kepada para penglingsir Puri Agung se-Bali, kami yakini sudah sangat sesuai dengan prinsip Tri Hita Karana,” katanya. (Uchan)