Scroll Untuk Baca Berita
Pendidikan

Rektor Universitas Udayana Bahas Pengelolaan PSDKU dalam Rakor Bidang Akademik

30
×

Rektor Universitas Udayana Bahas Pengelolaan PSDKU dalam Rakor Bidang Akademik

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, BADUNG —Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Akademik di Bali Dynasty Resort, Kuta, Kamis (11/1/2024). Rapat yang dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Udayana ini membahas beberapa hal diantaranya terkait mahasiswa lewat masa studi, pembebasan pembayaran UKT, pengelolaan pengampu Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dan finalisasi kalender akademik.

Dalam rapat ini juga dilakukan penyampaian materi mengenai pengelolaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) dengan menghadirkan dua narasumber yakni Dr. Ir. Iwan Kustiwan, MT dari Direktorat Kampus ITB Cirebon dan Anak Agung Ngurah Bagus Mulawarman, ST.,MT dari Politeknik Negeri Bali.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Rektor Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa rapat ini membahas beberapa agenda yakni terkait mahasiswa yang sudah melewati masa studi, kemudian tentang PSDKU, cut off pembayaran UKT, dan MKDU. Hal ini juga dalam rangka menindaklanjuti terbitnya Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023. Sementara terkait PSDKU pihaknya telah mengundang dua narasumber yakni dari ITB dan PNB yang sudah memiliki PSDKU sehingga dapat berdiskusi mengenai pendirian, mekanisme, dan tata kelolanya. Jika memungkinkan Rektor berharap bisa melaksanakan PSDKU di Universitas Udayana.

BACA JUGA :  UPT Bahasa Universitas Udayana Jadi Tuan Rumah Workshop Nasional ke 2 Filba 2023

Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa ada satu lagi agenda terkait kalender akademik yang sebelumnya sudah dibahas dan dalam pertemuan ini akan dibahas lebih mendalam dan menggali masukan-masukan dari pimpinan fakultas dan pascasarjana, dimana ada ide dan kebijakan untuk penambahan periode wisuda.

BACA JUGA :  JUPI Universitas Udayana Beri Pendampingan Pengelola Jurnal Bereputasi Global

Narasumber Dr. Iwan Kustiwan dalam materinya menyampaikan materi mengenai pengalaman penyelenggaraan dan pengembangan PSDKU ITB Kampus Cirebon. Disampaikan bahwa tujuan pengembangan PSDKU adalah meningkatkan akses, pemerataan, mutu dan relevansi pendidikan tinggi di seluruh wilayah Indonesia; dan meningkatkan mutu, dan relevansi penelitian ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan nasional.

BACA JUGA :  Bravo! Mahasiswa Unud Serukan Dukungan Transisi Energi Untuk Pemulihan Global

Sementara narasumber Anak Agung Ngurah Bagus Mulawarman juga menyampaikan sekilas mengenai pendirian dan pengembangan PSDKU di Politeknik Negeri Bali. Dalam diskusi digali informasi mengenai dampak dan keuntungan yang diperoleh melalui pendirian PSDKU ini. (Uchan)

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6228-Tingkatkan-Akses-Pendidikan-Rektor-Universitas-Udayana-Berencana-Dirikan-Program-Studi-di-Luar-Kampus-Utama.html