Scroll Untuk Baca Berita
Pendidikan

RSGM Universitas Udayana Berikan Layanan Gratis di Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2023

63
×

RSGM Universitas Udayana Berikan Layanan Gratis di Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2023

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

NASIONALXPOS.CO.ID, JIMBARAN —Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Udayana dan Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Unud selenggarakan pembukaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023 yang mengambil tema “Senyum Indonesia Gigi Kuat Mulut Sehat” di Gedung RSGM Unud, Kampus Bukit Jimbaran, Selasa (12/12/2023).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Udayana Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Acara pembukaan BKGN Unud 2023 juga dihadiri oleh Ketua Persatuan Dokter Gigi Pengwil Bali drg. I Agus Sundia Atmaja, M.Erg., perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, Direktur Utama RS Unud Prof. Dr. dr. Dewa Putu Gde Purwa Samatra, Sp.N(K)., Direktur Utama RSGM Unud drg. Putu Ratna Kusumadewi G., Sp.KG., Dekan Fakultas Kedokteran Unud, Prof. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes., Ketua Departemen Gigi dan Mulut drg. Mia Ayustina Prasetya, Sp.KGA., dan Koordinator Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi Dr. drg. Putu Lestari Sudirman, M.Biomed.

Ista Prestiyanti selaku ketua Panitia Bulan Kesehatan Gigi Nasional Universitas Udayana 2023 menyampaikan, BKGN merupakan salah satu kegiatan tahunan Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Unud yang bertujuan untuk memberikan perawatan dan edukasi ke masyarakat terkait kesehatan gigi dan mulut sekaligus sebagai ajang untuk mempromosikan Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Unud dan RSGM Unud kepada masyarakat umum.

BACA JUGA :  Tingkatkan Fasilitas Air Bersih di Desa Pelaga, Prodi Teknik Mesin Universitas Udayana Serahkan Pompa Hydram

Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan pada BKGN tahun ini diantaranya School Health Program yang dilakukan selama 3 hari di beberapa SD, diantaranya SDN 4 Jimbaran, SLBN 1 Badung, dan SDN 4 Benoa dengan jumlah total seluruh peserta yaitu 1000 siswa, Menyediakan layanan pemeriksaan dan perawatan gigi secara gratis, seperti tindakan pencabutan, penambalan sederhana, serta layanan pembersihan karang gigi dengan jumlah pasien terdaftar sampai saat ini adalah 750 orang, serta memberikan pelayanan konsultasi gigi gratis secara online (teledentistry) dan lomba pertunjukan antar angkatan.

Direktur RSGM Unud drg. Putu Ratna Kusumadewi Giri mengatakan, kebutuhan akan peningkatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang semakin berkualitas  mendorong setiap institusi kesehatan untuk terus berbenah diri dalam upaya meningkatkan sarana prasarana, dan SDM yang berkualitas. Peran RSGM Bersama-sama dengan RSPTN Unud yang pada BKGN ke-3 juga turut berpartisipasi sehingga dapat melayani masyarakat yang berfokus pada pelayanan kesehatan gigi dan mulut selama 3 hari kedepan.

“Harapan saya di tahun depan dengan dukungan penuh dari Rektor Unud semoga RSGM Unud ini mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal sehingga secara utuh dan paripurna kegiatan yan ini dapat diadakan di RSGM sama seperti institusi yang lain. Dukungan dari Dinas Kesehatan Badung dalam hal pengurusan ijin operasional RSGM tahun depan juga sangat kami butuhkan,” ujar Direktur RSGM.

Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Januartha dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti BKGN ini tidak hanya dilaksanakan pada saat bulan bakti, tapi bisa dilaksanakan terus menerus baik dalam bentuk kegiatan preventif, promotif, rehabilitasi dan kuratif agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari keberadaan institusi pendidikan kedokteran.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan, karena upaya preventif tentunya akan sangat bisa menghemat biaya pengobatan dan kita sebagai institusi pendidikan kedokteran bisa menjadi menara air yang bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Dekan.

Sementara itu Rektor Unud menyambut baik kegiatan ini, serta menyampaikan bahwa Unud siap untuk mendukung revitalisasi dan pengembangan RSGM demi kemajuan Unud dan kelancaran proses pembelajaran Program Studi Kedokteran Gigi. Melihat perkembangan yang ada saat ini, Universitas Udayana siap mendukung untuk penyelesaian dan revitalisasi gedung RSGM dan juga RS Unud, karena selain sebagai income generator, RSGM dan RS Unud juga akan membantu kelancaran proses belajar di Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

“Saya sebagai Rektor Unud memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pihak RSGM Udayana dan jajaran serta panitia selaku pelaksana yang telah mempersiapkan acara BKGN ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada PT Unilever selaku mitra yang telah memberikan dukungan untuk kelancaran acara ini. Tanpa bantuan dan kerjasama dari segala pihak, tentunya acara ini tidak akan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Besar harapan saya agar acara seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya sehingga dapat memberikan manfaat sekaligus menjadi wadah untuk memperkenalkan RSGM Universitas Udayana kepada masyarakat umum,” ucap Rektor. (Uchan)

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6184-Bulan-Kesehatan-Gigi-Nasional-2023-di-Universitas-Udayana-Beri-Layanan-Perawatan-Gigi-Gratis-ke-Masyarakat.html