by

Sekda dan Tim Project Implementation Unit Cilacap Lakukan Pengecekan SR Program MBR

-Daerah-621 views

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP –  Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’Ruf, ST, MM. Sekda didamipingi Asisten II Drs. Wasi Aryadi, Kaban Bappeda Sumbowo serta Sekban, Ka. BPPKAD Subiharto.

Sementara dari Perumdam Tirta Wijaya Dirut Bambang Yulianto, Dirum Daryani dan Dirtek. Rombongan Sekda dan direksi Perumdan Tirta Wijaya langsung menuju ke beberapa Desa yang mendapatkan progran Hibah Air Minum Perkotaan (HAMK) dari APBN tahun 2020.

Farid mengatakan bahwa progran Hibah Air Minum Perkotaan (HAMK) merupakan program pemerintah pusat, kepada pemerintah daerah yang bertujuan untuk peningkatan akses air minum yang layak yang dikususkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Perumdam Tirta Wijaya
Farid Ma’Ruf Sekda Cilacap dan Direksi Perumdam Tirta Wijaya Cek Program MBR

“Program ini sangat membantu sekali untuk pemerintah daerah untuk dapat memperluas cakupan pelayanan terutama di daerah yang belum terlayani layanan air bersih, ” terang Farid, Rabu (23/9/2020) saat ditemui wartawan di lapangan.

Namun untuk dapat mengikuti program tersebut Pemerintah Daerah harus menunjukan komitmenya dengan menunjukan pembiayaan terlebih dahulu dalam bentuk penyertaan modal ke perusahaan daerah air minum selaku pelaksana teknis, yang dituangkan dalam Perda Penyertaan Modal Daerah, beber Farid.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda langsung melakukan wawancara dengan masyarakat yang menetima manfaat program MBR tersebut.

Sementara Direktur Utama (Dirut) Perumdam Tirta Wijaya Cilacap menyampaikan bahwa program tersebut sudah berjalan tahun ke-5 menikuti program HAMK, sejak tahun 2016.

Bambang juga menyampaikan, pada tahun 2020 ini Pemda Cilacap mendapatkan bantuan untuk 2.793 Sambungan Rumah (SR) yang tersebar di lima wilayah, yakni Majenang, Wanareja, Kedungreja, Patimuan dan Kawunganteng.

“Untuk wilayah Kawunganten sendiri tahun ini mendapatkan bantuan sebanyak 2.393 SR, yakni Desa Bojong 332 SR, Bringkeng 446 SR, Grugu 580 SR, Kawunganten Lor 62 SR, Ujung Manik 651 SR, Babakan 288 SR, dan Binangun Baru Kecamatan Bantarsari 34 SR, ” beber Bambang.

Desa tersebut merupakan desa yang rawan air yang selama ini merupakan daerah penerima babtuan Tanki Mobil Air Bersih dari BPBD Kabupaten Cilacap, pungkas Bambang. (Junaedi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed