Scroll Untuk Baca Berita
Pendidikan

Tim Ormawa BEM FP Universitas Udayana Raih Juara 2 Budidaya Tingkat Nasional di LIP3D 2023

67
×

Tim Ormawa BEM FP Universitas Udayana Raih Juara 2 Budidaya Tingkat Nasional di LIP3D 2023

Sebarkan artikel ini
Foto: Istimewa

NASIONALXPOS.CO.ID, YOGYAKARTA —Tim Ormawa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian (BEM FP) Universitas Udayana (Unud) sukses meraih juara dua kategori budidaya tingkat nasional dalam Lomba Inovasi Program Pemberdayaan dan Pembangunan Desa (LIP3D) 2023 yang diselenggarakan secara daring oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Sabtu, (25/11/2023).

LIP3D merupakan ajang lomba tingkat nasional yang diselenggarakan guna menumbuhkan ide-ide generasi muda khususnya organisasi mahasiswa (Ormawa) dalam memberdayakan dan membangun desa. LIP3D tahun ini terdiri dari 3 seleksi, meliputi yang pertama seleksi administrasi yang meloloskan 98 tim dari 107 tim yang mendaftar.

Advertisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Berita

Setelah melewati seleksi administrasi, dilanjutkan dengan seleksi penilaian substansi proposal yang meloloskan 54 tim Ormawa dari berbagai universitas di Indonesia dan dinyatakan sebagai finalis untuk mengikuti tahap akhir presentasi sampai akhirnya pengumuman juara.

BACA JUGA :  KPRM Universitas Udayana Tetapkan Ketua dan Wakil Ketua BEM Terpilih 

Tim BEM FP Universitas Udayana mengangkat permasalahan limbah kulit kopi di Desa Tambakan yang dapat dimanfaatkan menjadi Biochar dan Liquid Smoke. Inovasi tersebut digagas dengan melihat bahwa pada produksi kopi di desa yang terletak di Kabupaten Buleleng ini mencapai 35 ton per harinya. Tiap produksi kopi menghasilkan limbah kulit kopi yang besar, ditambah lagi limbah tersebut tidak dimanfaatkan dan diolah kembali secara maksimal oleh para petani kopi Desa Tambakan.

BACA JUGA :  Pererat Kolaborasi, FK Universitas Udayana Terima Kunjungan FKIK UIN Malang

Melihat masalah tersebut, tim BEM FP Universitas Udayana berinisiatif menuangkan gagasan berupa mengajak para petani kopi dalam menekan jumlah limbah kulit kopi dengan mengolahnya menjadi biochar (arang hayati) serta liquid smoke (asap cair) dengan alat sederhana sekaligus memberdayakan potensi yang dimiliki Desa Tambakan. Harapannya inovasi ini bisa menjadi sebuah gagasan nyata untuk terus dapat memberi kebermanfaatan bagi petani kopi dan masyarakat di Desa Tambakan.

Tim BEM FP Universitas Udayana diketuai oleh Ni Kadek Mira Cahyani, dengan 13 orang anggota tim diantaranya Dewa Ayu Putu Kanianita Sanjaya, Ida Ayu Made Intan Pujawati, I Putu Angga Saputra, Audry Haniyah Destiana, Putu Bagus Angga Saputra, Ni Made Nurani Wikantari, Ni Made Putri Pramesti Rahayu, I Komang Wahyu Utama Tirta, Putu Bujangga Wahyu Kharisma Putra, I Wayan Wirya Kusuma, Hilda Rahmawati, Ni Kadek Renita Indraswari, dan Ni Kadek Pingkan Wulandari. Kesuksesan mereka dalam lomba ini tentunya diraih atas bimbingan dan dukungan dari dosen pembimbing, I Putu Wirya Suputra, S.P, M.P.,M.Agr. (Uchan)

BACA JUGA :  Menguak Kemunafikan BEM se-Aceh

 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6175-Tim-Ormawa-BEM-Fakultas-Pertanian-Unud-Raih-Juara-2-Kategori-Budidaya-dalam-Lomba-Inovasi-Program-Pemberdayaan-dan-Pembangunan-Desa.html